Berita Nasional Terpercaya

Cak Imin Sebut Banyak Orang Setuju Pemilu 2024 Ditunda Berdasarkan Medsos

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

JAKARTA, BERNAS.ID – Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut masyarakat setuju tentang usulan agar Pemilu 2024 ditunda satu sampai dua tahun. Kesimpulan tersebut mengacu pada analisa big data perbincangan di media sosial.

Cak Imin mengatakan dari 100 juta subjek akun di media sosial ada 60 persen akun mendukung penundaan pemilu dan 40 persen akun menolak. “Big data mulai jadi referensi kebijakan dalam mengambil keputusan. Pengambilan sikap bergeser dari sebelumnya mengacu pada survei, beralih pada big data,” kata Cak Imin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/2/2022).

Baca Juga Amini Cak Imin, Zulkifli Hasan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

Lanjut tambahnya, perubahan pengambilan data itu dilakukan karena sebuah survei hanya memotret suara responden kurang lebih 1.200-1.500 orang saja. Sedangkan, responden big data bisa mencapai 100 juta orang. “Pro kontra pilihan kebijakan ini akan terus terjadi seiring memanasnya kompetisi dan persaingan menuju 2024,” katanya.

Cak Imin pun tak mempersoalkan temuan big data tersebut sangat berbeda dengan hasil survei yang kebanyakan menyatakan tidak setuju dengan wacana penundaan pemilu atau penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

“Fakta politik survei terbaru kepuasan terhadap Pak Jokowi tinggi, 73 persen. Di atas 60 persen itu disebut tinggi. Tapi tidak berseiringan dengan persetujuan penundaan pemilu. Sekitar 60 persen tak setuju dan 40 persen mendukung,” katanya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua DPR ini mengatakan bahwa usulan penundaan pelaksanaan pemilu tersebut adalah atas inisiatif dirinya. “Itu ide saya untuk bagaimana agar momentum pertumbuhan ekonomi yang membaik ini tidak terganggu oleh pemilu. Semua tergantung presiden dan pemimpin partai-partai,” ungkapnya.

Baca Juga Pemilu 2024 Dipastikan Digelar Tanggal 14 Februari

Ia pun mengaku tidak mempermasalahkan jika ada pihak-pihak yang menolak usulan tersebut. “Biasa, namanya usulan,” ujarnya.

Diketahui, sejumlah partai politik di parlemen telah menyatakan sikap terhadap usulan penundaan pemilu yang disampaikan Cak Imin.PAN dan Golkar belakangan telah memberi dukungan. Sedangkan PKS, Demokrat, Nasdem, PDIP, menolak. Lalu, PPP dan Gerindra belum menyatakan sikap. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.