Berita Nasional Terpercaya

Kementerian ESDM Jelaskan Soal Semburan Lumpur Panas Usai Gempa Pasaman Barat

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Kementerian ESDM melalui Badan Geologi memberikan keterangannya terkait fenomena semburan lumpur panas dari dalam tanah di Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) pasca gempa bumi 6,2 SR, Jumat kemarin (25/2/2022).

Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono mengatakan lokasi kejadian semburan lumpur terletak di sekitar 30 meter dari pemandian air panas. Ia menduga guncangan gempa bumi yang sangat kuat menyebabkan retakan yang memotong akuifer yang berisi air panas.

“Diperkirakan retakan tersebut menembus ke permukaan aluvium hingga permukaan tanah,” kata Eko dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/2/2022).

Baca Juga Ada Semburan Lumpur dari Kawah Sileri Dieng, Pengunjung Perhatikan Ini

Terkait material lumpurnya, Eko menyebut material aluvium (Qh) yang terbawa oleh tekanan air kuat dari akuifer mengandung air panas. Sedangkan, sebaran air panas di beberapa titik mengikuti bidang lemah yang terbentuk natural. “Ada kemungkinan spot-spot ini sebagai mud volcano atau kemungkinan sand boil,” katanya.

Baca Juga Eksotisnya Wisata Letupan Lumpur di Bledug Kuwu

Ramai di media sosial, viral video air panas meluap dari dalam tanah di lokasi gempa di Pasaman Barat. Dalam video itu, terlihat seperti mata air bercampur lumpur warna cokelat muda menyembur dan mengalir terus. 

Gempa itu diketahui menyebabkan total warga yang meninggal dunia berjumlah 8 orang. Selain itu, korban luka berat tercatat sebanyak 10 orang, luka ringan 76 orang dan 6.002 warga mengungsi. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.