Berita Nasional Terpercaya

1,5 Ton Sampah Berhasil Diturunkan Relawan dari Gunung Gede Pangrango

0

CIANJUR, BERNAS.ID – Sebanyak 1,5 ton sampah yang sebagian besar plastik bekas mi instan dan botol air mineral berhasil diturunkan oleh lebih dari 100 relawan di Gunung Gede-Pangrango, Cianjur, Jawa Barat.

“Sampah plastik mendominasi seperti bungkus mi instan dan botol minuman plastik atau kaleng, seharusnya pencinta alam tidak meninggalkan sampah di atas gunung. Setiap tahun jumlahnya masih tinggi,” kata Relawan Gunung Gede-Pangrango, Niko Rastagil di Cianjur Rabu (2/2/2022).

Ia menjelaskan, setiap tahun, Balai Besar TNGGP Cianjur, menutup jalur pendakian untuk pemulihan ekosistem dan menggelar kegiatan bersih-bersih mulai dari jalur pendakian hingga puncak Gunung Gede-Pangrango, melibatkan ratusan relawan dari berbagai daerah.

Baca juga: Misterius, 17 Ton Sampah Penuhi Pulau Tak Berpenghuni

Tapi setiap tahun, sampah yang ditinggalkan pendaki masih tetap tinggi, sehingga pihaknya berharap tingkat kesadaran pendaki untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam benar-benar terjaga karena sebelum melakukan pendakian, petugas sudah mengimbau agar membawa sampah kembali ke bawah.

“Mungkin mereka hanya pendaki dadakan, sehingga tidak tahu bagaimana merawat alam, semoga ini menjadi perhatian bagi semua pendaki agar tidak lagi menyisakan sampah karena sudah jelas sampah plastik susah dileburnya,” kata Niko.

Baca Juga: Ada Ratusan Bank Sampah, Tapi Sampah yang Berkurang Cuma Sangat Sedikit

Ia menambahkan operasi sampah tersebut, dilakukan di tiga pintu masuk Gunung Gede-Pangrango, pintu masuk Gunung Putri-Cianjur, pintu masuk Cibodas-Cianjur dan pintu masuk Salabintana-Sukabumi, seratusan relawan dibagi menjadi tiga kelompok.

“Ini merupakan agenda tahunan, sehingga setiap akhir dan awal tahun pendakian ditutup karena pengelola melakukan pemulihan dan pembersihan sampah di sepanjang jalur pendakian hingga puncak gunung khususnya Alun-alun Suryakancana,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.