Berita Nasional Terpercaya

Hipnosis Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok, Begini Penjelasan dan Caranya

0

BERNAS.ID – Merokok dapat berdampak buruk terhadap kesehatan. Hal ini disebabkan karena tembakau yang menjadi bahan utama dalam rokok mengandung lebih dari 5.000 senyawa kimia, termasuk nikotin.

Sementara, nikotin sangat adiktif sehingga membuat sebagian orang kesulitan untuk menghentikan kebiasaan. Padahal, merokok menyebabkan kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru, diabetes, dan sebagainya.

Selain itu, merokok juga meningkatkan risiko tuberkulosis, penyakit mata, dan masalah sistem kekebalan tubuh. Berbagai cara dicoba untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Salah satu yang patut dicoba bagi perokok untuk berhenti merokok adalah metode hipnosis. Dengan hipnoterapi, Anda dapat memetik banyak manfaat, termasuk meningkatkan kesehatan.

Apa Itu Hipnosis?

Jika selama ini kita mengenal hipnotis sebagai sajian hiburan yang muncul di layar kaca, tak jarang juga kita melabelkan stigma karena kerap diberitakan sebagai modus kejahatan.

Baca Juga: Hipnosis: Definisi, Sejarah, Cara Kerja, dan Manfaat bagi Kesehatan

Hipnosis untuk tujuan hiburan biasanya terlihat hipnotis seperti mengendalikan pikiran seseorang, bahkan mendorong orang itu melakukan hal konyol. Harap dipahami, itu semua hanyalah sebuah pertunjukan.

Mengutip dari Healthline, hipnoterapi memang nyata, namun tidak ada seorang terapis mengontrol pikiran orang. Seorang ahli hipnotis yang terlatih biasanya menggunakan sugesti verbal untuk mengarahkan seseorang pada kondisi fokus dan rileks.

Pada keadaan tersebut, subyek akan lebih terbuka terhadap nasihat atau sugesti yang diberikan. Anda tidak bisa dibujuk untuk melakukan sesuatu jika tidak menginginkannya. Motivasi untuk berubah merupakan salah satu kunci untuk hasil terapi yang sukses.

Kenapa Sulit Berhenti Merokok?

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan sebanyak 1,1 miliar penduduk di dunia merokok. Meski jumlahnya terkesan fantastis, tapi setidaknya angka tersebut lebih sedikit 29 juta dibandingkan tahun 2000.

Kebiasaan merokok menjadi penyebab utama dari 70% kasus kanker paru-paru. Melansir Mindset Health, ada fakta bahwa sekitar 70% perokok saat ini sebenarnya berkeinginan untuk berhenti.

Namun, kebanyakan orang sangat sulit berhenti merokok karena zat nikotin yang adiktif. Semakin sering merokok, semakin banyak nikotin yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk merasa “baik-baik saja”.

Ketika berhenti merokok, maka tubuh tidak mendapatkan nikotin sehingga membuat Anda tidak nyaman dan sangat menginginkan rokok. Bahkan hal tersebut dapat terjadi meski Anda baru beberapa jam tidak merokok.

Beberapa orang bahkan menderita gejala fisik yang parah akibat tidak merokok, seperti sakit kepala, mual, sakit perut, dan nyeri. Gejala psikologi juga dialami oleh orang yang kecanduan rokok, lalu tidak merokok dalam beberapa waktu, seperti lekas marah, cemas, depresi, sulit berkonsentrasi, dan insomnia.

Hal-hal itulah yang membuat Anda ingin terus merokok dan sulit untuk berhenti. Beberapa cara seperti mengganti rokok dengan permen, permen karet, dan sebagainya mungkin tidak mudah.

Tapi, hipnoterapi dapat membantu orang berhenti merokok dan mengatasi gejala-gejala lanjutan akibat tidak mengkonsumsi nikotin.

Hipnoterapi mampu menghentikan kebiasaan merokok. (Sumber: Pexels/Alex Green)

Hipnoterapi untuk Berhenti Merokok

Mengutip dari Healthline, sebelum pergi ke hipnoterapis, baiknya Anda memiliki beberapa hal, seperti pikiran yang terbuka, kesabaran, dan tekad yang bulat untuk berhenti merokok.

Pada pertemuan pertama, biasanya Anda diminta untuk menjelaskan hal-hal terkait kebiasaan merokok dan keinginan untuk berubah. Pada tahap ini, Anda juga bisa mendiskusikan tentang metode yang akan digunakan.

Setiap sesinya bisa berlangsung sekitar 60-90 menit, tergantung respons Anda terhadap hipnosis. Selama berlangsungnya sesi, hipnoterapis akan memandu Anda untuk rileks.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan sugesti-sugesti yang bertujuan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Harap diingat, Anda akan tetap tahu apa yang terjadi ketika terapi dilakukan. Anda tidak akan hilang kendali selama sesi dan sesudahnya.

Berikut contoh sugesti-sugesti yang diberikan oleh hipnoterapis kepada Anda:

  • Merokok itu beracun
  • Anda merasa tidak enak badan saat merokok
  • Anda harus melindungi tubuh dari asap rokok
  • Anda yang mengendalikan kebiasaan merokok dan jangan biarkan rokok yang mengontrol Anda
  • Anda akan memperoleh banyak manfaat ketika berhenti merokok, dan sebagainya

Lalu, bagaimana cara kerja hipnosis dapat menghentikan kebiasaan merokok seseorang?

Melansir Mindset Health, ada sejumlah hipotesis yang menjelaskan kenapa hipnosis bisa membuat individu bebas dari kecanduan rokok. Salah satunya, hipnoterapi telah mengubah pola pikir tentang merokok.

Hipnoterapis memberikan sugesti yang akan membantu Anda untuk menerima kenyataan bahwa merokok adalah kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Hipnosis untuk Atasi Gangguan Tidur: Cara Kerja, Efektivitas, serta Pro dan Kontra

Selain itu, hipotesis yang lain menyebutkan hipnoterapi memang dapat menghentikan kebiasaan itu. Aspek kunci dari hipnoterapi adalah mematahkan perilaku negatif dan pola pikir terkait dengan merokok, termasuk jika Anda berpikir merokok untuk menghilangkan stres.

Tak hanya itu, manfaat hipnoterapi ini bahkan melampaui durasi sesi itu sendiri. Artinya, hipnoterapi mampu mendukung upaya Anda untuk berhenti merokok dalam jangka panjang.

Bahkan Anda bisa melakukan self-hypnosis atau hipnosis pada diri sendiri, dengan menggunakan kata-kata yang membantu untuk menghilangkan keinginan untuk merokok. Sebuah penelitian juga menunjukkan keberhasilan menghentikan kebiasaan merokok disebabkan oleh efek relaksasi hipnosis.

Meski aman dan cepat, hipnosis mungkin tidak cocok untuk beberapa orang karena mereka tidak bisa dihipnotis. Tapi apapun masalahnya, seorang ahli hipnoterapi yang profesional akan melakukan semacam sesi tes hipnosis untuk menentukan cocok tidaknya pengobatan tersebut.

Manfaat Berhenti Merokok

Banyak yang khawatir akan butuh waktu lama untuk mendapat manfaat kesehatan setelah berhenti merokok. Padahal, individu yang memutuskan untuk berhenti merokok bakal memperoleh manfaat bahkan tidak satu jam setelah rokok terakhir yang dihisap.

Mengutip dari Medical News Today, hanya dalam 20 menit setelah Anda berhenti merokok, detak jantung akan turun dan kembali normal. Tekanan darah juga mulai turun dan sirkulasi membaik.

Setelah 12 jam tanpa rokok, tubuh membersihkan diri dari kelebihan karbon monoksida yang berasal dari rokok. Tingkat karbon monoksida kembali normal sehingga meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

Merokok dapat menurunkan penciuman dan rasa. Namun setelah dua hari berhenti merokok, Anda akan merasakan peningkatan indra penciuman dan rasa. Manfaat lebih akan dirasakan setelah 3 hari berhenti merokok, di mana kadar nikotin dalam tubuh semakin menipis.

Meski demikian, Anda mungkin akan uring-uringan, lekas marah, sakit kepala, dan sangat menginginkan rokok. Tapi setelah satu bulan tanpa rokok, fungsi paru-paru mulai membaik, dan dalam beberapa bulan berikutnya, sirkulasi terus pulih.

Setelah 9 bulan berhenti merokok, paru-paru telah sembuh secara signifikan. Struktur halus di dalam paru-paru atau silia yang berfungsi membersihkan debu dan kotoran, telah pulih dari asap rokok. Ini akan mendorong lendir keluar dari paru-paru dan membantu melawan infeksi.

Risiko seseorang yang terkena penyakit jantung koroner berkurang hingga setengahnya setelah satu tahun berhenti merokok. Setelah 5 tahun tidak merokok, arteri dan pembuluh darah mulai melebar kembali sehingga tidak menyebabkan darah menggumpal dan menurunkan risiko stroke.

Baca Juga: Hipnoterapi untuk Turunkan Berat Badan, Seberapa Efektif dan Bagaimana Caranya?

Risiko stroke akan terus berkurang hingga 10 tahun ke depan seiring semakin pulihnya tubuh seseorang. Selain itu, risiko kanker paru-paru, kanker mulut, tenggorokan, dan pankreas berkurang secara signifikan.

Selain itu, American Cancer Society menyebutkan menghentikan kebiasaan merokok juga akan memberi manfaat lain, seperti:

  • Makanan terasa lebih enak
  • Napas, rambut, dan pakaian lebih harum
  • Gigi dan kuku berhenti menguning
  • Aktivitas seperti menaiki tangga dan pekerjaan rumah ringan tidak membuat Anda kehabisan napas
  • Menghentikan efek kerutan dini pada kulit, penyakit gusi, dan gigi tanggal

Dengan berbagai manfaat yang diperoleh, cara berhenti merokok secara permanen bisa dilakukan dengan bantunan hipnoterapi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.