Berita Nasional Terpercaya

BMKG Imbau Masyarakat Dekat Selat Sunda Waspada Anak Krakatau Erupsi

0

JAKARTA, BERNAS.ID – BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) mengimbau masyarakat di pesisir pantai Selat Sunda waspada dan tidak beraktivitas jika tidak perlu. Imbauan tersebut menyusul aktivitas Gunung Anak Krakatau yang erupsi.

Hari ini, Sabtu (5/2/2022), Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda kembali erupsi. Erupsi terakhir pukul 13.03 WIB dengan kolom abu setinggi 2.000 meter dari atas puncak gunung.

Baca Juga Anak Krakatau Meletus, Warganet Bingung Suara Dentuman yang Getarkan Pintu

Daryono, Koordinator Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG mengatakan sebelumnya erupsi Gunung Anak Krakatau pernah memicu dampak ikutan seperti tsunami. “Kalau tidak penting sekali jangan beraktivitas di pantai, kami imbau masyarakat di pantai Selat Sunda perlu meningkatkan kewaspadaan,” katanya, Sabtu (5/2/2022).

Koordinator Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto menyebut saat ini tingkat aktivitas Anak Krakatau pada level waspada atau level II. Karena itu, ia memeringatkan warga setempat untuk tak mendekati Anak Krakatau dalam radius 2 kilometer.

Ia juga memberi peringatan kepada nelayan untuk waspada kala berlayar. “Nelayan dan turis kami imbau untuk tidak mendekat dalam radius 2 km dari pusat aktivitas atau Anak Krakatau,” jelasnya.

Baca Juga Misteri Anak Krakatau yang Tak Terpecahkan

Kristianto mengatakan, erupsi terakhir yang terpantau terjadi pada pukul 13.03 WIB dan hingga kini belum ada kejadian lanjutan. Namun, ia melihat masa erupsi belum berakhir dan berpotensi masih akan terjadi erupsi susulan.

“Sampai sekarang belum ada kejadian letusan lagi, tapi kami melihat ini masih masa erupsi dan masih letusannya mungkin terjadi,” jelas dia.

Terpisah, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin memastikan hingga Sabtu (5/2/2022) sore pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni-Merak berjalan normal. “Sampai saat ini pelayanan masih berjalan normal,” tuturnya. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.