Berita Nasional Terpercaya

Fakultas Teknik UGM Jalin Kerjasama dengan PT Media Bernas Jogja Kembangkan Tridharma Perguruan Tinggi

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama PT Media Bernas Jogja menjalin kerjasama dalam mengembangkan Tridharma Perguruan Tinggi dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan keduanya dalam nota kesepahaman bersama yang ditandatangani pada Kamis (10/2/2022).

Dalam nota kesepahaman tersebut dijelaskan selain pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi, kerjasama yang dijalin ini juga menitikberatkan pada pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan beberapa tujuan.

Baca Juga : Dosen Telkom University Beri Pendampingan Marketing Tools untuk SMK Pariwisata Telkom Bandung

Yang pertama peningkatan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki para pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran melalui kerjasama penelitian, pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Yang kedua adalah meningkatkan akses serta pelaksanaan kerjasama dalam hubungan Tridharma Perguruan Tinggi Universitas Gadjah Mada dan bidang lain yang telah disepakati dua belah pihak yang memiliki keterkaitan dengan bidang ilmu keteknikan.

Selanjutnya adalah kerjasama yang dilakukan ini untuk mengembangkan kegiatan program kerjasama secara bersama-sama dan saling menguntungkan.

Dekan Fakultas Teknik UGM Prof.Ir.Selo, ST, MT, MSc, PhD didampingi Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Fakultas Teknik UGM, Ir. Ali Awaludin, ST., M.Eng., PhD., IPM, ACPE pada saat menindaklanjuti kerjasama tersebut di Fakultas Teknik UGM menyampaikan permasalahan tempat tinggal bagi para dosen Fakultas Teknik UGM yang masih terbengkalai hingga saat ini, mengingat hal tersebut juga salah satu dalam peningkatan SDM yang merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi.

“Kami memiliki masalah dengan dosen dalam mencari tempat tinggal, sebenarnya fakultas akan memfasilitasi dengan tanah seluas 5.000 meter persegi di Seturan, saat ini sudah ada 16 kavling, dan ada beberapa rumah yang ditinggalkan dengan kondisi tidak layak,” ucap Selo, Kamis (10/2/2022).

Dia juga berharap dosen-dosen tersebut, terlebih dosen muda bisa mendapatkan fasilitas tempat tinggal bagi mereka.

Baca Juga : FISIP UAJY dan FISKOM UKRIM Perkuat Kolaborasi Penelitian dan Abdimas

Gayung bersambut, Direktur Utama PT Media Bernas Jogja Putu Putrayasa menyampaikan, perlunya pendekatan psikologis untuk melancarkan niat Fakultas Teknik dalam memberikan fasilitas perumahan bagi dosen-dosen mereka.

“Selama ini yang kita perlukan adalah pendekatan psikologis didalam setiap pembebasan lahan, agar semuanya bisa berjalan lancar sesuai rencana,” katanya.

Saat ini Fakultas Teknik UGM merupakan fakultas terbesar di UGM dengan 8.000 Mahasiswa, 400 Dosen, dan 400 Staf, serta memiliki 41 Program Studi (Prodi). Untuk itu dengan telah dijalinnya kerjasama antara PT Media Bernas Jogja dan Fakultas Teknik UGM, berbagai macam hal mengenai Tridharma Perguruan Tinggi bisa lebih baik, terutama yang berkaitan dengan hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.