Berita Nasional Terpercaya

Pakar Agraria Sebut Penambangan Wadas Ada Keanehan

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pakar Hukum Agraria menyebut penambangan batu andesit di Wadas, Purworejo, Jawa Tengah memiliki keanehan karena kegiatan pembangunan Waduk Bener yang masuk dalam kategori kepentingan umum dipaketkan dengan kegiatan pengambilan batu andesit yang merupakan usaha pertambangan, tidak masuk dalam kategori kepentingan umum.

Pernyataan itu disampaikan Pakar Hukum Agraria Fakultas Hukum UGM, Dr Rikardo Simarmata. Menurutnya, pemaketan tersebut akan membuat kegiatan pengukuran dalam rangka pengadaan tanah di lokasi tambang menjadi legal.

“Tapi apakah dengan hak pakai yang dimilikinya, Kementerian PUPR berwenang mengambil bebatuan yang terdapat dibawah tanahnya?” terangnya, Sabtu (12/2/2022).

Baca Juga Bantah Desa Wadas Mencekam, Mahfud MD: Silakan ke Sana

Tambah lanjutnya, kemungkinan strategi pemaketan dan penyatuan ini karena statusnya sebagai proyek strategis nasional (PSN). Umumnya kalangan birokrat dan penegak hukum mempersepsikan PSN sebagai sesuatu yang tidak boleh ditawar dan harus dijadikan.

“Dengan persepsi seperti itu dapat membuat peraturan perundangan mengenai PSN dan pelaksanaanya bersifat instrumental dan akibatnya melupakan prinsip dan asas-asas yang dikenal dalam hukum pertanahan,” tuturnya.

Baca Juga Pemerintah Persilakan Komnas HAM Selidiki Dugaan Pelanggaran HAM di Wadas

Sementara terkait penyelesaian masalah oleh pemerintah dengan mengerahkan aparat keamanan dalam pembebasan lahan, Rikardo melihat bahwa terlepas dari keabsahan kegiatan pengukuran, penanganan terhadap kelompok masyarakat yang menolaknya tidak diperbolehkan menggunakan tindakan represif.

Ia menyayangkan apabila sampai terjadi represi yang tidak sesuai ketentuan hukum acara pidana. Sebab penyelesaian dengan upaya lain bisa ditempuh untuk mencegah kelompok yang menolak pembebasan lahan.

“Misalnya  seperti menghadapi demonstran dengan cara memblokade yang tidak  berakhir dengan kekerasan seperti penangkapan,” pungkasnya. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.