Berita Nasional Terpercaya

Pemda DIY Mulai Gunakan Hotel Mutiara untuk Pasien Covid-19

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) mulai menggunakan Hotel Mutiara Malioboro untuk shelter Covid-19. Hotel tersebut mulai resmi operasional sebagai shelter sejak hari Sabtu siang (12/2/2022).

Hotel Mutiara yang berada di sebelah timur Jalan Maloboro mempunyai dua gedung. Gedung di sisi selatan dipakai untuk menampung pasien Covid-19 dengan gejala ringan maupun tanpa gejala.

Baca Juga Kemenkes: Tenaga Kesehatan Terpapar Covid-19 Justru Bukan Saat Bertugas

Sigit Alifianto, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos DIY menyampaikan, sejak pertama dibuka, telah masuk 18 pasien Covid-19. Ia mengatakan Hotel Mutiara memiliki kapasitas 112 bed untuk pasien Covid-19. “Sejak Sabtu kemarin pukul 13.00 WIB, hari Sabtu ada 18 pasien yang masuk. Kemudian hari Minggu ini sampai pukul 16.00 WIB sudah ada tambahan 33 orang lagi,” tuturnya, Minggu (13/2/2022).

Baca Juga DPRD DIY Segera Sahkan Perda Penanggulangan COVID-19

Namun, lanjut Sigit, dari 51 pasien Covid-19, ada dua pasien yang mengajukan permohonan APS (atas permintaan sendiri) untuk pindah shelter. Sampai Minggu sore, saat ini Hotel Mutiara dihuni 49 pasien Covid-19. “Puluhan penghuni berasal dari DIY maupun luar DIY seperti pelaku perjalanan dengan tujuan Jogja,” ujarnya.

“Warga luar DIY ada yang dinas, ada yang sekolah, ada yang wisata, ada yang sedang menengok anaknya kuliah,” imbuhnya.

Ia mengatakan tenaga kesehatan dan dokter hingga petugas administrasi hingga pendamping psikososial disiapkan untuk dua shif. Sementara, sekuriti dibagi dalam tiga shif. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.