Berita Nasional Terpercaya

Telkom University Kembangkan Pemanfaatan Digital Marketing Bagi SMK Pariwisata Telkom Bandung

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

BANDUNG, BERNAS.ID – Guna mendukung pemanfaatan perangkat digital marketing, dosen-dosen Telkom University memberikan pendampingan secara berkala kepada staf dan tenaga pengajar di SMK Pariwisata Telkom Bandung. Pada minggu keenamnya kali ini, tim Pengabdian Masyarakat mengangkat topik terkait “Pemanfaatan berbagai Media Digital Marketing (Google My Business, SEO dan WhatsApp Business)” yang dilaksanakan secara online pada Rabu (9/2/2022).

Pendampingan khusus ini merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dosen-dosen Telkom University dalam rangka menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Pariwisata Telkom Bandung. Kegiatan yang diselenggarakan melalui Zoom meeting tersebut menghadirkan dua pembicara dari dosen Fakultas Ilmu Terapan Telkom University, yakni Abdurrahman Rahim Thaha, S.T., MBA. dan Rio Korio Utoro S.Kom., M.T.

Sebelum menyampaikan materi Pemanfaatan Google My Bisnis dan Search Engine Optimization, Abdurrahman Rahim memutar sebuah tayangan video percakapan micro moment tentang pencarian data atau informasi yang kita butuhkan. Abdurrahman menjelaskan, hal pertama yang perlu dilakukan dalam digital marketing adalah menentukan atau memastikan bahwa audiens dapat menemukan kita atau dalam hal ini SMK Pariwisata Telkom Bandung pada momen yang tepat.

“Dalam hal ini penggunaan Google Bisnisku sangat membantu dalam search engine optimization dimana memiliki keuntungan berupa lebih mudah ditemukan oleh pelanggan, dapat mengelola Informasi Bisnis agar selalu up to date, dapat memposting artikel atau foto untuk meng-update mengenai bisnis kita, dan terakhir berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan,” ujar Abdurrahman.

Baca juga: Telkom University Raih Penghargaan Anugerah Diktiristek 2021

Abdurrahman juga menekankan bahwa SEO cukup penting untuk mengembangkan sebuah website. Adapun keuntungan yang ia sebutkan di antaranya mesin pencari adalah sumber informasi, traffic didominasi konten di halaman pertama, website ditemukan melalui berbagai kata kunci, brand awareness dan kredibilitas meningkat, hingga traffic organik lebih mudah dikonversi.

“Selain itu, terdapat tujuh indikator SEO yang perlu diperhatikan, yaitu struktur URL, penggunaan SSL/TLS, topik konten atau secara intense, struktur konten, meta tag, backlink, dan kecepatan website,” imbuh Abdurrahman.

Berdasarkan tujuh indikator tersebut, ia melakukan pengecekan SMK Pariwisata Telkom Bandung, dan didapatkan hasil bahwa dari ketujuh indikator tersebut masih banyak diperlukan peningkatan website untuk SMK Pariwisata Telkom Bandung, di mana salah satu caranya adalah dengan menggunakan berbagi tools untuk meningkatkan setiap indikator seperti aplikasi matriks dan pendukung SEO website.

Materi pertama diakhiri dengan beberapa catatan improvement yang dapat dilakukan SMK Pariwisata Telkom Bandung untuk meningkatkan SEO untuk semua indikator yang telah dijelaskan sebelumnya.

Materi berikutnya adalah tentang Optimalisasi Whatsapp Bisnis untuk Kegiatan Marketing yang disampaikan langsung oleh Rio Korio. Rio memiliki banyak pengalaman dalam penggunaan Whatsapp Business dalam beberapa proyek bersama pedagang di pasar tradisional. Materi yang diberikan pada sesi kali ini langsung diterapkan ke Whatsapp Business SMK Pariwisata Telkom Bandung, dimana business tools terbagi menjadi tiga bagian besar, yaitu bisnis profile dan katalog, messaging, dan Reach more Customer.

Rio menjelaskan secara spesifik bahwa langkah pertama yang perlu dilakukan oleh SMK Pariwisata Telkom Bandung adalah pertama langsung melihat ke bisnis profile; kedua memasukkan foto produk ke katalog sekolah; ketiga away message digunakan untuk memberikan jawaban otomatis kepada pelanggan; keempat greeting message atau pesan sapa digunakan untuk memberikan sambutan otomatis kepada pelanggan baru atau pelanggan yang tidak berinteraksi lagi dengan kita; kelima quick replace digunakan untuk menjawab secara cepat dengan mengetikkan shortcut untuk pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan; dan terakhir Reach more customer yaitu menggunakan short Link yang dapat terhubung dengan Facebook ataupun Instagram.

Materi kedua ditutup dengan melihat langsung Whatsapp Business SMK Pariwisata Telkom Bandung dan memberikan beberapa catatan improvement untuk bisa langsung diterapkan oleh pihak SMK.

Baca juga: Telkom University Kembali Jadi PTS Terbaik Versi UI GreenMetric

Meskipun pendampingan diselenggarakan secara online karena pandemi COVID-19, namun pendampingan tidak hanya secara teoritis, namun terdapat sesi praktik dan tentu dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan tetap dapat memberikan manfaat. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.