Berita Nasional Terpercaya

Akses Jalan yang Tertutup Tanah Longsor di Temanggung Berhasil Dibuka

0

TEMANGGUNG, BERNAS.ID – Setelah berjuang lebih dari 6 jam, akhirnya alat berat berhasil membuka akses jalan yang tertutup tanah longsor di Temanggung, Selasa (15/2/2022).

Sebuah alat berat diterjunkan BPBD Kabupaten Temanggung untuk membuka akses jalan Desa Klepu dengan Desa Pingit Kecamatan Pringsurat.

Ruas jalan tersebut tertutup tanah longsor di tengah hujan lebat Senin (13/2/2022). Jalan sepanjang 75 meter tertutup tanah dengan ketebalan sekitar 2 meter.

Baca Juga: Antisipasi Gelombang Ketiga COVID-19 Ini Langkah yang Ditempuh Pemkab Temanggung

Dengan dibukanya akses jalan itu, kini warga tidak lagi memutar melalui Desa Purwosari. Kendaraan roda dua dan mobil telah bisa melintas.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi mengatakan, alat berat untuk menyingkirkan material tanah longsor yang menutup jalan.

Bencana alam tanah longsor, katanya menutup jalan di Jalan Kedung Gupit Desa Klepu Kecamatan Pringsurat.

“Tanah longsor terjadi di dua titik di Senin (14/2) sore, diantaranya memutus akses Desa Klepu dengan Desa Pingit,” kata dia, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga: Pilkades Serentak Segera Digelar di Kabupaten Temanggung, Berikut ini Persiapannya

Dia mengatakan hujan deras menyebabkan lahan perkebunan kopi longsor dengan panjang 50 meter dan tinggi 10 meter. Lahan itu milik Sumani dan Tono.

“Tanah longsor menimpa jalan dan lahan kopi milik Ibu Sumaniah,” kata dia

Dia menambahkan, selain melibatkan alat berat dalam pembukaan jalur tersebut juga dengan cara disemprot air untuk membersihkan tanah dan lumpur dari jalan. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.