Berita Nasional Terpercaya

Profesi Petani Dianggap Kurang Bergengsi Bagi Anak Muda

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, munculnya petani milenial menjadi terobosan baru untuk mewujudkan pertanian Sleman yang maju, mandiri, dan modern. Sebab, saat ini banyak generasi muda enggan menjadi petani.

Ia mengatakan, generasi muda menganggap menjadi petani dinilai kurang prospektif dan tidak bergengsi. Namun, hal itu juga disebabkan karena sedikitnya informasi tentang bagaimana bertani di era modern, padahal Kabupaten Sleman saat ini membutuhkan dukungan SDM yang handal dan unggul kreatif, inovatif, profesional dan berdaya saing.

“Namun, selain diperlukannya SDM, juga perlu adanya dukungan optimalisasi sumber daya lahan, penerapan teknologi dan peralatan mesin pertanian secara optimal efektif dan efisien,” tuturnya di sela kegiatan panen perdana padi organik varietas sembada merah hasil dari kelompok Tani Makmur Gamparan, Sumberharjo, Prambanan, Rabu (16/2/2022).

Baca Juga Sleman Target 1000 Petani Milenial Tahun 2024

Ia pun mengapresiasi Jaringan Petani Milenial (JPM) Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Penyuluh Pertanian, Pangan dan Perikanan (UPTD BP4) Kabupaten Sleman Wilayah VIII Prambanan. Menurutnya, visi Jaringan Petani Milenial Sleman, yaitu menjadi petani milenial yang berjiwa agrososiopreneur maju, mandiri, modern sesuai apa yang dicita-citakan Kabupaten Sleman.

Bupati pun mengukuhkan secara langsung sebanyak 20 orang pengurus Jaringan Petani Milenial. Nantinya, para pengurus ini akan membantu kelompok petani dalam mengembangkan potensi bidang pertanian di Kabupaten Sleman.

Baca Juga Pemda DIY Siapkan Lahan 10 Hektare bagi Petani Milenial

“Pengukuhan pengurus petani milenial ini merupakan upaya kita untuk menumbuhkan dan membentuk petani milenial yang produktif, maju dan modern, dalam rangka melakukan regenerasi sumber daya manusia bidang pertanian,” jelas Kustini.

Diketahui, sampai bulan Februari 2022,  terdapat sebanyak 392 orang petani milenial bagian dalam Jaringan Petani Milenial (JPM) yang tersebar di 8 UPT BP4 dan telah terbentuk kepengurusan tingkat Kabupaten. Terus bertambahnya jumlah JPM di Kabupaten Sleman ini dinilai dapat membantu upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam mengembangkan sektor pertanian. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.