Berita Nasional Terpercaya

Nilai-nilai Pancasila Sudah Menjadi Karakter Warga Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Kesbangpol Sleman menyasar Kelurahan Caturtunggal, Depok, Sleman untuk mendapatkan pendampingan sebagai rintisan Kelurahan Berkarakter Pancasila. Maklum saja, Kelurahan Caturtunggal memiliki banyak warga dari luar daerah karena terdapat banyak kampus besar, sehingga memiliki dinamika kehidupan masyarakat yang tinggi.

Asisten Sekretaris Daerah Sleman bidang Pemerintahan dan Kesra, Aji Wulantoro begitu luwes dan menguasai materi Pancasila saat memberikan pemaparan ke warga Caturtunggal. Ia mengatakan Caturtunggal meski berada di level tingkat kelurahan, tapi memiliki yang kehidupan beragam sebagai perkotaan.

“Di era globalisasi ini, kita akan dihadapkan dengan berbagai informasi dan kemajuan teknologi yang harus disikapi secara bijak,” tuturnya, Kamis (17/2/2022).

“Pertanyaannya, Pancasila yang memiliki sifat terbuka harus berhadapan dengan doktrin-doktrin yang lain, mampukah kita mempertahankan sebagai dasar negara?” lanjutnya.

Baca Juga Pemkab Sleman Aktualisasi Pancasila dari Level Kalurahan

Untuk itu, ia mengatakan perlunya penguatan karakter nilai-nilai Pancasila yang sesungguhnya sudah menjadi karakter atau watak asli masyarakat Indonesia. “Pancasila itu digali oleh Soekarno karena sudah menjadi realitas karakter masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Ia pun bertanya kepada peserta nilai-nilai karakter orang Sleman bisa ditemukan dalam Pancasila. Para peserta menjawab nilai-nilai seperti gotong-royong, kepedulian, religius, dan welas asih.

“Pancasila itu tak diragukan lagi karena diambil dari karakter masyarakat itu sendiri. Welas asih, mencintai semua, memperhatikan semuanya,” imbuhnya. 

Aji pun menegaskan Kabupaten Sleman berkomitmen agar Sleman menjadi rumah bersama karena di dalamnya ada beragam perbedaan. “Sleman rumah semua maka apapun yang menjadi isinya menjadi tanggungjawab bersama,” katanya.

Baca Juga Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan DIY Segera Disahkan

Kepala Badan Kesbangpol Sleman, Heri Sutopo mengatakan, kegiatan revitalisasi nilai-nilai Pancasila di sejumlah Kelurahan bertujuan untuk semakin menguatkan nilai-nilai Pancasila.

“Revitalisasi itu bersifat dinamis, hanya menguatkan apa yang sudah ada di masyarakat karena sudah menjadi dasar-dasar di masyarakat, seperti nilai-nilai Pancasila itu sendiri,” ujarnya.

Ia juga berharap dengan kegiatan revitalisasi nilai-nilai Pancasila akan menguatkan komunikasi dengan masyarakat agar terus komitmen menjaga nilai-nilai Pancasila tetap lestari.

Di tahun 2022, ada 13 kalurahan yang akan menjadi sasaran pendampingan revitalisasi nilai-nilai Pancasila meliputi Margomulyo, Margoagung, Margoluwih Seyegan, Caturtunggal Depok, Trimulyo Sleman, Wukirsari Cangkringan, Argomulyo Cangkringan, Pakembinangun Pakem, Candibinangun Pakem, Minomartani Ngaglik, Purwobinangun Pakem, Trihanggo Gamping, Nogotirto Gamping. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.