Berita Nasional Terpercaya

Callum Hudson-Odoi, Winger Muda Binaan Akademi Chelsea

Hudson-Odoi sempat hampir cabut dari Chelsea pada bursa transfer musim panas lalu, menyusul kurangnya menit bermain dan persaingan di bawah arahan pelatih Thomas Tuchel

0

BERNAS. ID- Kesuksesan Chelsea memenangkan  trofi Piala Dunia Antarklub, nampaknya jadi berkah tersendiri bagi salah satu pemain mudanya, Callum Hudson-Odoi.  Pasalnya,  pemain berpaspor Inggris itu akhirnya memilih untuk tetap bertahan di Stamford Bridge hingga 2024.

Jika saja keinginan winger tersebut untuk hengkang musim panas lalu jadi, mungkin Hudson-Odoi hanya bisa menonton dari kejauhan melihat mantan timnya meraih gelar juara dunia. Seperti diketahui, Hudson-Odoi sempat hampir cabut dari Chelsea pada bursa transfer musim panas lalu, menyusul kurangnya menit bermain dan persaingan di bawah arahan pelatih Thomas Tuchel.

Duo klub asal Bundesliga, Borussia Dortmund dan Bayern Munchen diketahui sangat getol ingin memboyong sang pemain dari Stamford Bridge, baik dengan status pinjaman atau permanen. Usai Tuchel meyakinkannya untuk tetap bertahan, sang pemain akhirnya menetap di Stamford Bridge untuk empat musim ke depan.

Baca juga: Thiago Silva, Karir Bek Berpengalaman Chelsea yang Sempat Mengidap TBC

Adapun dengan raihan  gelar itu, mereka sudah mengoleksi tiga gelar di bawah arahan Thomas Tuchel. Sebelumnya pelatih asal Jerman tersebut sudah lebih dulu mempersembahkan Liga Champions dan UEFA Super Cup.

Klub asal London tersebut memiliki kesempatan untuk menambah koleksi trofi lagi, saat mereka bertemu Liverpool di final Piala Liga yang bakal dihelat di Wembley, 27 Februari mendatang. Lantas bagaimana karir sepak bola seorang Hudson- Odoi, winger muda berbakat  yang jadi produk binaan akademi Chelsea? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Isi :

  1. Tentang Callum Hudson-Odoi
  2. Kehidupan Awal Callum Hudson-Odoi
  3. Masa Berlatih  Hudson-Odoi di Akademi
  4. Karirnya Meroket Usai Promosi ke Skuad Utama The Blues
  5. Sempat Dituding Melakukan Pemerkosaan
  6. Bintang Masa Depan Chelsea

Tentang Callum Hudson-Odoi

Nama Lengkap : Callum James Hudson-Odoi

Tempat Lahir : Wandsworth, London, Inggris.

Tanggal Lahir : 7 November 2000

Nama Pasangan : –

Kebangsaan : Inggris

Agama : Kristen

Nama Orang Tua : Bismark Odoi (Ayah) dan Jennifer Odoi (Ibu)

Klub Saat Ini: Chelsea

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 20 Winger

Tinggi Badan : 178 cm

Nama Instagram: @calteck10

Baca juga: Kepa Arrizabalaga, Kiper Termahal Dunia yang Jago Gagalkan Penalti

Kehidupan Awal Callum Hudson-Odoi

Pemilik nama lengkap Callum James Hudson-Odoi  merupakan pesepakbola kelahiran 7 November 2000 di Wandsworth, London,  Inggris. Hudson-Odoi sendiri merupakan putra kedua dari tiga  bersaudara  pasangan Bismark Odoi dan Jennifer. Meski berpaspor Inggris, sejatinya Hudson-Odoi memiliki darah keturunan Afrika.

Kecintaan Hudson-Odoi pada sepak bola mengalir dari darah sang ayah. Diketahui sang ayah, Bismark Odoi dahulu merupakan mantan gelandang timnas Ghana yang bermain untuk Hearts of Oak, sebuah klub sepak bola di Accra, Ghana.

Sang ayah kemudian memintanya agar menekuni sepak bola ke jenjang yang lebih serius dengan mendaftar sebuah akademi. Untuk mengasah skill olah bola sang anak, akhirnya ia  mendaftarkan Hudson- Odoi ke akademi Chelsea.

Dari sinilah ia memulai perjalanan karir sepak bolanya kala usianya masih tujuh tahun, pada tahun 2007. Di akademi, perjalanan karir Hudson-Odoi terus berkembang seiring bertambahnya pola latihan di akademi junior.

Baca juga: Edouard Mendy, Kiper Berprestasi Chelsea Ini Sempat ingin Pensiun Dini

Masa Berlatih Hudson-Odoi di Akademi

Keterampilan Hudson-Odoi dalam menguasai teknik dasar skill sepak bola, dipahaminya dengan cukup baik. Hal itulah yang membuat namanya lebih cepat menamatkan tahapan di level junior hingga masuk di level remaja U-18.

Di jenjang Chelsea U-18  inilah Callum Hudson-Odoi menjadi peran kunci sosok dibalik raihan Treble Winners  kompetisi level muda. Di tahun yang sama, bersama pemain Chelsea muda lain semacam Mason Mount dan Reece James, Callum Hudson-Odoi juga sukses membukukan beberapa gol yang membantu tim  masuk di putaran final FA Youth Cup.

Setelah  sukses di U-18, Hudson-Odoi kemudian ditarik ke U-23. Meski tak bertahan lama di U-23, karena pada 20 Desember 2017 Hudson-Odoi kemudian ditarik masuk ke skuad utama Chelsea.

Baca juga: Antonio Rudiger, Karir Sepak Bola Bek Tangguh yang Moncer di Chelsea

Karirnya Meroket Usai Promosi ke Skuad Utama The Blues

Hudson-Odoi pertama kali diorbitkan kala Chelsea masih ditangani  Maurizio Sarri. Di tangan Sarri, Hudson- Odoi melakukan debut di skuad utama pada Januari 2018, ketika turun di ajang FA Cup dan menang atas Newcastle United.

Sementara laga pertamanya di Premier League, Hudson-Odoi langsung berkontribusi terhadap satu gol Chelsea ke gawang Brighton & Hove Albion. Umpan silang terukurnya  berbuah assist setelah diselesaikan oleh Olivier Giroud.

Selain membuat satu assist, di pertandingan itu Hudson-Odoi juga berhasil mencatatkan total 4 operan kunci. Hudson-Odoi juga mampu menghasilkan 3 tekel, 1 dribel sukses, dan 2 tembakan. Alhasil, dalam pertandingan perdananya itu Hudson-Odoi dinobatkan sebagai Man of The Match versi Sky Sports.

Semusim berlalu, pada 2018/ 19 Hudson-Odoi mampu tampil gemilang dalam laga Europa League. Di sana Hudson-Odoi berhasil mencetak gol ketika Chelsea bertandang ke Rennes. Pemain kelahiran Wandsworth itu berhasil memaksimalkan umpan cantik dari Mason Mount pada menit ke-22.

Baca juga: Profil Ben Chilwell, Bek Sayap Kiri  Andalan Chelsea yang Lincah

Sempat Dituding Melakukan Pemerkosaan

Pemain yang kini berusia 21 tahun itu tampil cukup baik pada musim itu. Dengan catatan enam gol dan tujuh assist dalam 29 pertandingan, meski ia harus mengakhiri musim tersebut lebih awal akibat dibekap cedera.

Perlu diketahui, Hudson Odoi sempat  mengalami cedera achilles yang membuatnya berulang kali masuk ruang perawatan.  Total hampir empat bulan sejak akhir musim 2018/19  ia melewatkan banyak pertandingan penting bersama Chelsea.

Usai  sembuh dari cedera,  penampilannya di Chelsea juga masih terhambat akibat insiden tuduhan pemerkosaan. Pada 17 Mei 2020 lalu, Hudson-Odoi harus berurusan dengan kepolisian hingga akhirnya ia diputuskan tidak bersalah setelah menjalani investigasi. Total di musim tersebut Hudson-Odoi tampil sebanyak 35 laga saja.

Baca juga: Cesar Azpilicueta, Karir Kapten Chelsea yang  Sempat Diremehkan

Bintang Masa Depan Chelsea

Namun belakangan ini peran Callum Hudson-Odoi sebagai Winger kerap diubah posisi bermainnya oleh Thomas Tuchel. Beberapa kali dalam pertandingan yang dijalani Chelsea, Hudson-Odoi diturunkan sebagai bek sayap.

Tak bisa dipungkiri, peran Hudson-Odoi di Chelsea semakin tergeser oleh kehadiran duo winger Hakim Ziyech dan Christian Pulisic. Apalagi, Mason Mount dan Kai Haverzt juga terkadang juga diposisikan di sayap.

Sepanjang paruh musim ini, Hudson-Odoi baru memainkan 27 laga. Adapun dari penampilan itu, Hudson-Odoi sudah mengemas 3 gol dan 6 assist.

Sejatinya Hudson-Odoi masih dapat memberi kontribusi lebih, jika saja ia banyak mendapat menit bermain di skema taktik Tuchel . Dengan usia yang masih muda, serta bakat besar yang ia miliki, Hudson-Odoi pun punya potensi  menjadi  bintang masa depan Chelsea.

Baca juga: Mateo Kovacic, Karir Midlfielder Chelsea Asal Kroasia

Leave A Reply

Your email address will not be published.