Berita Nasional Terpercaya

Sleman Rintis Program Merdeka Belajar

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemkab Sleman mulai menggelar Program Merdeka Belajar melalui peminatan khusus di satuan pendidikan wilayah masing-masing dari tanggal 24 Januari sampai 19 Februari 2022. Pelaksanaannya akan dipusatkan di SMPN 4 Pakem pada tanggal 22 Februari 2022.

Program Merdeka Belajar melalui Kegiatan Peminatan Khusus Siswa, dibuka secara khusus oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Baca Juga Merdeka Belajar Terinspirasi Filosofi Ki Hadjar Dewantara

Ery Widaryana, Kepala Dinas Pendidikan Sleman mengatakan ada 6 cabang peminatan khusus yang bisa dipilih para siswa, yaitu seni tari, story telling, konten kreator, desain grafis, voli putra dan voli putri. Ia mengatakan ada 170 siswa yang mengikuti program peminatan khusus tersebut.

“Puluhan siswa hasil seleksi itu berasal dari berbagai satuan pendidikan di Kabupaten Sleman yang dibagi didalam empat wilayah, yakni wilayah utara, timur, barat dan tengah,” tuturnya, Selasa (22/2/2022).

“Nantinya dalam pelatihan tersebut akan menghadirkan para pelatih yang kompeten di setiap wilayah,” imbuhnya.

Lanjut tambahnya, tujuan kegiatan peminatan khusus tersebut untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila dengan 6 dimensi, yaitu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia berwawasan global, kemandirian, gotong royong dan kreatif. Di sisi lain, ia juga menyebut kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan serta menumbuhkan rasa percaya diri bahwa setiap individu mempunyai kemampuan yang berbeda dengan orang lain.

Baca Juga Presiden Dukung Merdeka Belajar pada Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020

Bupati Sleman, Kustini, mengatakan Pemerintah Kabupaten Sleman akan terus mendukung kegiatan tersebut demi mencetak generasi muda yang cerdas dan kreatif. Menurutnya, setiap anak memiliki minat masing-masing.

Ia pun sepakat untuk mewujudkan anak-anak Sleman yang berbakat perlu didukung dan difasilitasi sehingga kemampuan anak bisa berkembang dengan optimal. “Mencetak generasi muda yang cerdas dapat tercipta dengan adanya dukungan dari semua elemen,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.