Berita Nasional Terpercaya

Prambanan Jazz 2022 Digelar Juli, Berinovasi Pakai NFT

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Festival tahunan Prambanan Jazz, akan dilaksanakan lagi tahun ini. Mengusung tema Sewindu Merayakan Rindu, Prambanan Jazz Festival (PJF) akan diadakan dari 1 hingga 3 Juli 2022 di Lapangan Rama Shinta, Candi Prambanan, Yogyakarta.

Gelaran PJF ke-8 ini hadir dengan konsep yang berbeda. Untuk kali pertama Prambanan Jazz memanfaatkan teknologi ekonomi digital terbaru yang dikenal dengan sebutan Non Fungible Token (NFT). Konsep ini bersandar pada teknologi blockchain yang menjadi pembuka era baru untuk seniman dan musisi terkait hak atas kekayaan intelektual.

Pihak panitia menyatakan bahwa NFT yang akan dirilis sekitar 1.000 jenis koleksi yang dapat dimanfaatkan sebagai tiket masuk pertunjukan. Di Prambanan Jazz, NFT dibagi menjadi empat tipe yang memberikan sejumlah manfaat mulai dari akses seumur hidup ke PJF, merchandise, lewati antrean di festival, bertemu dengan penampil, hingga tempat VVIP.

Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko, Edy Setijono berharap, pemakaian teknologi ekonomi digital lewat inovasi Prambanan Jazz NFT dapat menjadi model yang dapat diambil oleh komunitas-komunitas lainnya, termasuk dalam penyelenggaraan festival musik yang lain.

“Kami berharap memang ini bisa menjadi model. Saya kira ini bisa dipelajari oleh komunitas-komunitas lain. Kita juga tahu di Indonesia banyak festival-festival musik, tapi saya yakin PJF ini sejauh ini terbaik di Indonesia,” jelasnya dalam konferensi pers virtual Rabu (23/2/2022) petang.

Baca juga: Konser di Prambanan, Yanni Sebut Orang Indonesia yang Termanis

Direktur PT. TNT and Founder Rantai Nusantara Foundation Robin Syihab mengaku langsung mengiyakan saat diminta untuk menjadi pengelola Prambanan Jazz NFT. Dia menjelaskan, Prambanan Jazz merupakan pioneer dalam pemanfaatan teknologi NFT di ranah festival musik Indonesia.

Tak hanya sebagai collectible item, melainkan ini juga sebagai loyalty program yang memberikan manfaat eksklusif kepada para pemiliknya. Menurut Robin, Prambanan Jazz NFT bisa diakses dan didapatkan di situs web nftprambananjazzcom.

“Para pemilik Prambanan Jazz NFT otomatis menjadi tamu kehormatan Prambanan Jazz Festival. Bisa digunakan untuk mendapatkan akses nonton gratis seumur hidup, gratis merchandise, bebas antre, meet and greet eksklusif dengan artis, serta posisi VVIP di area konser,” jelas Robin.

Baca juga: Usai Hujan Deras, Prambanan Jazz Festival 2020 Virtual Concert Dibuka Joko In Berlin

Founder Rajawali Indonesia and CEO Prambanan Jazz Festival Anas Syahrul Alimi menuturkan, Prambanan Jazz tahun ini masih berlangsung secara hybrid. Selain bisa disaksikan langsung di venue, pecinta Prambanan Jazz juga dapat menyaksikan siaran langsung konser. Tepatnya melalui saluran Indihome, UseeTV iKonser Channel 459 SD/949 HD.

Ia menambahkan, tahun ini PJF mengambil tema Sewindu Merayakan Rindu. Ini sebagai wujud kerinduan akan pelaksanaan konser musik secara langsung. Sayangnya kondisi pandemi COVID-19 masih menjadi pertimbangan untuk kesehatan bersama.

“Kemasan tema Sewindu Merayakan Rindu ini menjadi penanda perayaan perjumpaan kami dengan Prambanan Jazz Lovers yang selama dua tahun lebih tidak bisa menyaksikan secara langsung Prambanan Jazz Festival,” kata Anas.

Nantinya Prambanan Jazz akan dimeriahkan oleh musisi terbaik Indonesia dari tiga generasi. Diantaranya Andien, Bemandry, Diskoria, Kahitna, Kukuh Kudamay, Ndarboy Genk, Kunto Aji, dan beberapa musisi lainnya.

“Kami berharap, Prambanan Jazz bisa menjadi wadah untuk musisi potensial untuk unjuk bakat sekaligus membantu memperkenalkan karya mereka lebih luas lagi,” kata Anas. (den)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.