Berita Nasional Terpercaya

Cara Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner Selama Puasa

Ada metode khusus bagaimana meningkatkan penjualan UMKM biar makin cuan di Ramadhan

2

Bernas.id – UMKM kuliner adalah salah satu sektor usaha, yang umumnya, terkesan mudah meningkatkan penjualan dan keuntungan selama bulan puasa Ramadhan. Kenyataan tersebut tidak bisa lepas dari orang Indonesia yang dikenal banyak berbelanja makanan selama bulan Ramadhan.

Baca juga: 4 Ide Bisnis UMKM Kuliner Menjelang Bulan Puasa Yang Tidak Biasa

Sayangnya, Anda bukan satu-satunya pengusaha kuliner yang hadir selama Ramadan. Ada banyak UMKM food & beverage yang berlomba merebut perhatian konsumen. Oleh karenanya, dibutuhkan sejumlah cara dan strategi untuk bisa mendapatkan pelanggan.

Tips dan trik di bawah ini adalah sejumlah strategi UMKM kuliner untuk meningkatkan penjualan selama Ramadhan:

 

1. UMKM Perlu Menawarkan Promosi Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan berbagai promosi Anda. Mengapa?

Karena menghasilkan pembelian instan, meningkatkan pendapatan penjualan, dan bahkan dapat menghasilkan peluang penjualan silang.

Ramadhan terkenal sebagai momen kebersamaan dan kebersamaan keluarga. Orang-orang suka berkumpul dengan anggota keluarga atau teman mereka untuk berbuka puasa. Momen ini berarti ada peluang emas untuk membuat promosi seputar paket makan keluarga atau penawaran grup.

Dengan mengatur makanan keluarga, Anda akan membuat proses pemesanan lebih cepat dan lebih mudah bagi pelanggan karena mereka hanya perlu memilih satu kali daripada memilih beberapa item satu per satu.

Strategi promosi juga akan membantu membedakan Anda dari pesaing dan menarik lebih banyak pelanggan. Anda juga bisa memberi konsumen makanan penutup gratis atau bahkan mengurangi jumlah tertentu dari total tagihan mereka jika mereka mencapai pembelanjaan minimum.

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Performa Bisnis UMKM Selama Dan Setelah Ramadhan

 

2. Gunakan Kata Kunci Khas Bulan Puasa

Untuk meningkatkan keterpaparan produk ke konsumen serta menjaga item menu Anda tetap relevan, ingatlah untuk menggunakan kata kunci khas bulan puasa. Tambahkan kata kunci bertema Ramadhan nama produk dan materi pemasaran Anda. Sebagai contoh:

  • “Buka Puasa Spesial”
  • “Prasmanan Ramadhan”
  • “Sale Ramadhan”
  • “Menu Spesial Berbuka Manis”
  • “Diskon Buka Puasa”

Strategi ini tidak hanya menunjukkan bahwa UMKM kuliner Anda berpartisipasi dalam perayaan, tetapi juga akan meningkatkan lalu lintas pencarian yang membantu pelanggan dengan mudah menemukan restoran/kafe Anda.

Sebagai contoh, katakanlah seorang pelanggan sedang mencari makanan untuk dipesan untuk berbuka puasa. Konsumen lebih mudah menemukan UMKM kuliner jika Anda memiliki “menu spesial berbuka puasa” atau “promo berbuka puasa ” pada aplikasi ojek online, media sosial, dan menu yang bisa diakses konsumen secara online.

Trik super sederhana ini dijamin akan meningkatkan kemampuan untuk ditemukan, lalu lintas, dan penjualan untuk bisnis kuliner.

 

Cara Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner Selama Puasa

3. Buat Produk Spesial Kuliner Ramadhan Agar Terjadi Peningkatan Penjualan

Bagian paling menarik dari musim Ramadhan-Raya adalah hidangan lebaran yang jadi favorit semua orang. Agar lebih menonjol, Anda bisa mencoba menawarkan menu Ramadhan yang unik dan eksotis.

Berikut adalah beberapa menu produk praktis UMKM kuliner saat bulan puasa:

  • Buat versi Anda sendiri dari hidangan meriah, misalnya “ Rendang Spesial Rumah ”
  • Menanamkan cita rasa lokal ke dalam hidangan yang ada, misalnya “Sate Solo”
  • Buat set menu Ramadhan yang dibuat khusus
  • Adakan acara ‘Ramadhan Buffet’ di akhir pekan

Orang-orang menyukai sesuatu yang meriah, terutama jika itu hanya tersedia untuk waktu yang terbatas. Oleh karena itu, item menu khusus ini pasti akan menarik pelanggan potensial dan akan memberikan dampak instan pada penjualan restoran Anda.

Baca juga: 5 Jenis Jualan Laris Dan Menguntungkan Bagi UMKM Selama Ramadhan

 

4. Manfaatkan Simbol Ramadhan yang Ikonik

Seperti yang mungkin Anda perhatikan, ada beberapa simbol yang muncul selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Untuk membantu menyampaikan semangat Ramadhan dalam materi pemasaran Anda, pertimbangkan untuk menggunakan 3 simbol ikonik ini:

  • Kurma: Ikon penting dari Ramadhan karena mereka adalah makanan pertama saat berbuka puasa.
  • Bulan Sabit: Ikon bulan sabit pertama yang terlihat menandai awal setiap bulan, termasuk awal Ramadhan.
  • Lentera: Simbol khas lentera memberi cahaya penerangan bagi umat Islam saat beribadah di waktu malam.

Mengingat hubungan yang jelas dengan Ramadhan, menggunakan 3 ikon umum bulan puasa tersebut dapat membantu mendorong konsumen makin berminat pada produk UMKM kuliner yang Anda miliki.

 

5. Manfaatkan Pre-order untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM

Selama bulan puasa Ramadan, sebagian besar usaha kuliner akan mengalami penurunan transaksi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu menerapkan trik khusus tapi sederhana. Anda bisa memulai menawarkan produk-produk kuliner dalam program pre-order.

Setelah seharian menahan haus dan lapar, berbuka puasa pada waktunya menjadi hal yang penting bagi banyak orang. Dengan mengaktifkan fitur pre-order (PO), Anda mengizinkan pelanggan untuk memesan dan menjadwalkan apa pun yang mereka inginkan, pada waktu yang mereka inginkan.

Baca juga: 4 Trik Bisnis UMKM Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Dijalankan

Sistem pre-order juga akan menguntungkan karyawan dan seluruh bagian usaha Anda. Alasannya karena, sistem ini memungkinkan seluruh karyawan memproses pesanan sesuai prosedur memasak dan tidak terburu-buru. Sehingga, pre-order akan meningkatkan penjualan produk sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen pada UMKM kuliner yang Anda miliki.

2 Comments
  1. […] Baca Juga Cara Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner Selama Puasa […]

  2. […] Baca Juga Cara Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner Selama Puasa […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.