Berita Nasional Terpercaya

5 Trik Bisnis Bagi UMKM Menghadapi Ramadhan di Dunia Digital

0

Bernas.id – Ramadhan adalah waktu spiritualitas, keluarga, hiburan santai, dan tentu saja belanja. Bagi UMKM, bulan puasa ramadan adalah momen. Pada tahun 2022, Ramadhan masih bertepatan dengan ketidakpastian virus corona. Ini berarti bahwa kebanyakan orang memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan di rumah dan melakukan pembelanjaan online.

Karena itu, inilah waktu Anda untuk hadir lebih maksimal dalam dunia digital. Ada beberapa tindakan yang bisa dijalankan untuk menyiapkan sekaligus memaksimalkan kehadiran produk Anda di bulan puasa Ramadhan ini. 

Baca juga: 4 Ide Bisnis UMKM Kuliner Menjelang Bulan Puasa yang Tidak Biasa

Sebagai pelaku UMKM yang ingin mendapatkan rezeki Ramadhan, Anda perlu menerapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan profit. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan pelanggan Anda:

1. Personalisasi Pengalaman Ramadhan

Tidak semua produk bisa cocok untuk Ramadhan. Jadi, cobalah untuk menunjukkan kepada pelanggan produk yang relevan bagi mereka. Konsumen selama bulan puasa cenderung mencari hal-hal yang membantu mereka menjalankan Ramadhan.

Dengan memahami pelanggan dan kebutuhan pelanggan, Anda dapat mempersonalisasi pengalaman mereka. Dengan begitu, produk bisnis UMKM Anda akan terasa relevan dengan konsumen sehingga membantu mereka membuat keputusan pembelian lebih cepat. 

2. Berikan Tampilan Ramadhan di Medsos dan e-Commerce

Memberi tampilan bertema Ramadhan memang bisa bersifat opsional. Akan tetapi, dengan tampilan visual Ramadhan di semua saluran medsos dan e-Commerce, produk UMKM akan terasa lebih relevan. Sehingga, konsumen akan lebih tertarik dan merasa terlibat dengan bisnis Anda.

Baca juga: 5 Perubahan Bisnis UMKM yang Harus Dilakukan di 2022 Agar Terus Tumbuh

3. Temukan Pembeli Anda

Pastikan Anda menargetkan basis pelanggan yang sesuai dengan produk. Jangan sampai ada ketidak-sesuaian antara produk dengan audiens. Manfaatkan berbagai wawasan, data, dan analitik yang disediakan media sosial. 

Dengan mengetahui karakteristik audiens secara tepat, Anda akan menemukan pembeli produk dengan tepat dan secara tidak terduga. Karenanya, maksimalkan penggunaan media sosial untuk berbagai aktivitas pemasaran produk.

4. Perluas Pasar Anda

Ramadhan adalah kesempatan satu bulan dalam 1 tahun. Melakukan kampanye pemasaran secara digital akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam momen tahunan ini. 

Salah satu target pasar yang sering terlupakan di masa Ramadhan adalah para non-muslim yang ikut memanfaatkan berbagai promosi produk. Karena itu, jangan batasi audiens Anda pada kalangan muslim. Tentu saja, kalangan muslim harus mendominasi target pemasaran. Tapi pastikan, mereka bukan satu-satunya target promosi produk UMKM Anda.

Baca juga: Ide Bisnis UMKM: Trend Baso Aci Kemasan

5. Tambahkan Program Loyalitas

Program loyalitas umumnya jadi cara untuk menciptakan pelanggan setia yang kembali membeli produk. Jika bisnis UMKM Anda memiliki program loyalitas, gunakanlah di momen Ramadhan ini.

Jika Anda belum memiliki program loyalitas, maka cobalah membangun dan menarik konsumen untuk mengikutinya. Berikan sejumlah daya tarik dan kekuatan promosi pada tiap program loyalitas yang dikeluarkan. 

Sebagai pemilik bisnis UMKM, Ramadhan memberi Anda kesempatan untuk menciptakan basis pelanggan baru. Bisa juga sebagai momen memberikan pengalaman baru kepada pelanggan saat ini yang membantu Anda membangun hubungan dengan mereka. Setiap tahun, tren di bulan Ramadan selalu mendatangkan peluang baru. Jadi, gunakan waktu dan kesempatan ini untuk memahami pelanggan Anda. Cari tahu kebutuhan dan minat mereka tahun ini dan gunakan informasi itu untuk personalisasi di tahun berikutnya. Sebagai refrensi ide bisnis, Anda bisa membaca artikel berjudul 5 Jenis Jualan Laris dan Menguntungkan Bagi UMKM Selama Ramadhan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.