Berita Nasional Terpercaya

10 Cara Memaksimalkan Facebook dan Instagram Bagi Bisnis UMKM Selama Ramadhan?

0

Bernas.id – Meta membagikan beberapa tips bagi pelaku UMKM selama bulan puasa Ramadhan untuk memaksimalkan upaya pemasaran pada berbagai platform yang dimiliki.

Selama Ramadhan, orang-orang menjadikan teknologi internet dan media sosial untuk tetap up-to-date dan terhubung dengan berbagai jenis relasi yang mereka miliki.

Ditambah lagi dengan kondisi pandemi Covid-19, semakin banyak orang yang terhubung secara online melalui ponsel mereka. Gawai sudah menjadi jalan utama yang lebih aman, singkat, dan hemat biaya untuk berbagai jenis kegiatan selama Ramadhan, seperti silaturahmi melalui video call, mendengar kuliah tujuh menit (kultum), atau berbelanja online.

Transaksi belanja online selama Ramadhan diperkirakan akan meningkat naik setiap tahunnya. Oleh karena itu diperlukan sejumlah strategi pemasaran yang khas Ramadhan bagi para pelaku UMKM agar produk mereka memiliki audiens dan konsumen.

Baca juga: 4 Trik Bisnis UMKM di Bulan Ramadhan yang Wajib Dijalankan

Berikut ini sejumlah cara dan strategi meningkatkan performa bisnis Anda dalam praktik pemasaran media sosial. Strategi ini dirangkum Meta dari berbagai wawasan yang dihasilkan dari praktik pemasaran tahun-tahun sebelumnya. 

1. Selalu perbarui profil bisnis media sosial Anda dengan informasi bisnis terbaru. Pastikan menyertakan informasi kontak, jam buka terbaru, dan opsi pengiriman.

2. Soroti pengumuman penting. Untuk menginformasikan dan mengedukasi audiens secara proaktif, pertimbangkan untuk membuat postingan pengumuman di Halaman Facebook atau profil bisnis Instagram. Anda dapat menyematkan pengumuman penting ke bagian atas halaman Anda agar mudah dilihat.

3. Tingkatkan frekuensi posting harian Anda. Kemas ulang hampir semua konten ke dalam berbagai jenis posting yang berbeda seperti hanya teks, foto, video, tautan, cerita, dan video langsung.

4. Gunakan Aplikasi WhatsApp Business untuk terhubung secara pribadi dengan pelanggan. WA bisnis juga membantu produk UMKM Anda terlihat dalam sebuah katalog produk yang interaktif.

Baca juga: Social Media Marketing Bagi UMKM: Strategi, Tips, dan Panduan Lengkap Lainnya

5. Lakukan siaran langsung di media sosial untuk berkomunikasi dengan konsumen secara real time dan menjawab pertanyaan mereka.

6. Luangkan waktu untuk terlibat dengan audiens Anda dengan membalas komentar mereka. Sehingga produk UMKM Anda akan terhubung untuk menjadi solusi atau jawaban atas pertanyaan dan masalah audiens.

7. Gunakan gambar yang sesuai dengan konteks COVID-19 . Visual adalah hal penting dalam pemasaran media sosial. Oleh karenanya, selalu pastikan gambar yang Anda unggah memiliki konteks dengan kondisi pandemi Covid-19 dan bulan Ramadhan.

8. Siapkan Facebook Shop dan aktifkan Instagram Shopping. Fitur belanja di Facebook dan Instagram merupakan alternatif katalog yang bisa Anda maksimalkan. Facebook Shop dan Instagram Shopping bisa membantu meningkatkan performa e-commerce produk.

Baca juga: Panduan Lengkap UMKM Mengembangkan Digital Marketing Hemat Biaya

9.Gunakan Grup Facebook. Fitur Grup Facebook membantu Anda membangun audiens dan pengetahuan baru yang sesuai sektor industri bisnis UMKM.

10. Gunakan data, analitik, dan wawasan Facebook untuk memasarkan produk Anda secara efektif. Dengan memanfaatkan data dan wawasan tentang pemasaran, Anda akan memiliki dasar untuk melakukan pengembangan bisnis produk selama Ramadhan.

Sepuluh cara di atas akan membantu setiap pelaku UMKM memaksimalkan penggunaan Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk penjualan selama bulan puasa Ramadhan. Anda juga perlu memastikan setiap cara dilakukan dengan konsisten dan terukur. Dengan begitu, Anda bisa memetik penjualan produk yang meningkat tajam selama Ramadhan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.