Berita Nasional Terpercaya

Kieran Tierney, Ini Profil dan Karir Bek Kiri Arsenal Asal Akademi Celtic

0

BERNAS. ID- The Gunners Arsenal akhirnya memperpanjang kontrak bek kiri asal Skotlandia, Kieran Tierney. Hal ini memastikan pemain berusia 24 tahun itu bertahan di Emirates Stadium hingga 2026.

Usai The Gunners memperpanjang kontrak salah satu pemain potensialnya itu, Tierney diharapkan mampu memberi kontribusi lebih bagi klub asuhan Mikel Arteta mengarungi kompetisi musmi mendatang. Memang, sejak bergabung dari Celtic dengan harga 35 juta dolar AS pada 2019, Tierney secara konsisten menjadi salah satu andalan The Gunners hingga mendapatkan status pemain favorit penggemar. 

Baca juga: Takehiro Tomiyasu, Rekrutan Pemain Baru Arsenal Asal Jepang

Lalu bagaimana sepak terjang Kieran Tierney dalam karir sepak bolanya? Simak ulasan profil dan sepak terjang seorang  bek kiri andalan Arsenal berikut ini.

Daftar Isi :

  1. Tentang Kieran Tierney
  2. Meniti Karir di Akademi Celtic
  3. Debut di Skuad Utama Celtic
  4. Didatangkan Arsenal Dari Celtic Glasgow
  5. Karir Internasional

Tentang Kieran Tierney

Nama Lengkap: Kieran Tierney

Tempat Lahir : Douglas, Isle of Man, Skotlandia

Tanggal Lahir : 5 Juni 1997

Kebangsaan : Skotlandia

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Arsenal

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 3  Bek Kiri

Tinggi Badan : 178 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kiri

Instagram: @kierantierney

Baca juga: Gabriel Magalhaes, Ini Catatan Karir Bek Andalan Arsenal

Meniti Karir di Akademi Celtic

Kieran Tierney merupakan pemain sepak bola profesional Skotlandia yang  lahir 5 Juni 1997. Tierney tercatat saat ini bermain menempati posisi bek kiri  untuk klub Premier League, Arsenal dan juga tim nasional Skotlandia. 

Lahir dan besar di Douglas di Pulau Man, Tierney kemudian pindah ke Whishaw di Skotlandia saat usianya 10 bulan. Saat usianya genap 7 tahun ia kemudian masuk ke sekolah pertamanya di sekolah Motherwell Sekolah Dasar RC St Brendan, kemudian bersekolah di Sekolah Menengah St Ninian, Kirkintilloch, yang memiliki kemitraan pengembangan  bakat sepak bola dengan FC Celtic.

Di akademi Celtic tersebut, Tierney terus berkembang melalui berbagai barisan pemuda dan mendapatkan reputasi pengembangan klub, baik dalam pertahanan dan serangan.  Sampai pada akhirnya, ia naik level untuk membela skuad tim utama, dimulai dalam perjalanan pramusim ke Finlandia pada Agustus 2014.

 Disana ia  melakukan debutnya dalam pertandingan persahabatan melawan Tottenham Hotspur. Meski dalam laga tersebut Celtic kalah, penampilan pertama Tierney untuk the Bhoys menunjukan bakat dan potensi yang luar biasa. Hal itulah yang mengantarkannya menjadi pemain di Celtic di musim kompetisi selanjutnya.

Baca juga: Fakta Gabriel Martinelli, Penyerang Arsenal yang Sempat Jadi  Pemain Futsal

Debut di Skuad Utama Celtic

Kepercayan yang diberikan pelatih kala itu Ronny Deila, Tierney membuat debut kompetitif di skuad utama Celtic pada 22 April 2015, yang mana ia masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-81 dalam pertandingan Liga Utama Skotlandia kontra Dundee.

Usai tampil perdana, Tierney menikmati musim 2015/ 16 dengan tampil di lebih dari 30 pertandingan dan menggantikan seniornya,  Emilio Izaguirre sebagai bek kiri pilihan pertama.  Keadaan buruk diterimanya kala  di babak penyisihan grup Liga Champions UEFA, Tierney menderita cedera ligamen pergelangan kaki  selama latihan pada 27 Oktober 2016 dan memaksanya absen selama tiga bulan.

Selama absen untuk penyembuhan, ia banyak melewatkan pertandingan Final Piala Liga dan beberapa pertandingan penting Celtic. Usai absen menjalani masa penyembuhan, performa dan kegemilangan Tierney  tak meredup.

Hal ini ia tunjukan kala ia kembali melakoni laga  di skuad Celtic dalam pertandingan Piala Skotlandia melawan Albion Rovers.  Nama Tierney dinobatkan sebagai PFA Scotland Young Player of the Year untuk musim kedua berturut-turut pada 7 Mei, hal ini menjadikannya orang pertama yang mampu mencapainya setelah Craig Levein pada 1986.

Menutup musim kompetisi 2016/ 17, Bersama Celtic ia sukses memenangkan treble winner domestik dan satu musim tak terkalahkan. Capaian gemilang di klub, membuat Tierney pada 8 Agustus 2017, diangkat sebagai kapten sementara untuk memimpin barisan belakang para remaja dalam pertandingan Piala Liga Skotlandia melawan Kilmarnock. Dalam laga tersebut The Bhoys memenangkan pertandingan 5-0, dengan Tierney memberikan assist dan mencetak gol dengan  dari jarak 40 meter.

Baca juga: Granit Xhaka, Kapten Timnas Swiss Berjuluk “Xhakboom” di Arsenal

Didatangkan Arsenal Dari Celtic Glasgow

Usai penampilan apik bersama klub, Tierney menerima tawaran kontrak dengan Arsenal seharga 35 juta dolar AS pada Agustus 2019. Meski belum tampil di laga musim pertamanya, karena menjalani operasi hernia ganda. Tierney baru membuat debut tim pertama untuk Arsenal dalam kemenangan 5-0 melawan Nottingham Forest di Piala EFL pada 24 September.

Sementara pada debut di Liga Premier Terney bermain imbang 2-2 dengan Crystal Palace pada 27 Oktober.  Penampilan Tierney mengesankan untuk Arsenal setelah dimulainya kembali Liga Premier setelah pandemi COVID-19, membuatnya menerima penghargaan Pemain Terbaik Arsenal periode Juni 2019/ 20.

Adapun gol pertama yang berhasil dicetak pemain kelahiran Isle of Man itu terjadi pada 26 Juli, dalam kemenangan 3-2 melawan Watford pada hari terakhir musim Liga Premier 2019/ 20.  Tren positif trus ditujukan Teraney mengawal barisan sisi kiri The Gunners. Hingga kini musim 2021/ 22, Terney telah melakoni sebanyak 25 pertandingan dan sukses membantu Arsenal merangsak naik ke 4 besar kelasemen atas Prmier League Inggris.

Baca juga: Profil Ben White, Fakta Bek Mahal yang Didatangkan Arsenal

Karir Internasional

Moncer di klub  juga berimbas pada karir internasionalnya di Timnas Skotlandia. Tierney sudah bermain untuk tim nasional Skotlandia di level muda mulai Skotlandia U18 dan Skotlandia U19.  Sementara Tierney baru menerima panggilan pertamanya ke skuad senior Skotlandia pada 10 Maret 2016 dalam pertandingan persahabatan melawan Denmark.

Karena kemampuan adaptasi yang tinggi, dibandingkan dengan sesama bek kiri Andrew Robertson, Tierney ditempatkan di bek kanan dalam pertandingan Skotlandia kontra Slovenia, Lithuania dan Slovakia.

Baca juga: Profil dan Fakta Alexandre Lacazette, Penyerang Haus Gol Milik Arsenal 

Leave A Reply

Your email address will not be published.