Berita Nasional Terpercaya

Sambi Lokonga, Ini Profil Midfielder Potensial yang Baru Dibeli Arsenal

0

BERNAS. ID-  The Gunners, Arsenal akhirnya meresmikan rekrutan anyar mereka pada musim 2021/ 22 ini. Pemain yang didatangkan dari klub liga Belgia, Anderlecht yang dinilai punya masa depan bagus sebagai gelandang itu bernama Albert Sambi Lokonga.

Dilansir dari laman resmi Arsenal, Lokonga diperkenalkan secara langsung ke publik pada Senin, (19/7/2021) waktu setempat. Kedatanganya di Emirates Stadium diproyeksikan untuk memperkuat lini tengah Arsenal yang musim lalu cukup kedodoran.

Seperti diketahui, The Gunner musim 2020/ 21 memang tampil  buruk sehingga hanya finis di posisi 8 Liga Inggris dan gagal lolos ke kompetisi Eropa. Meski baru berusia 21 tahun, Lokonga dikenal sebagai  gelandang pendribel yang ulung, serta  cakap bermain sebagai deep-lying playmaker.

Baca juga: Kieran Tierney, Ini Profil dan Karir Bek Kiri Arsenal Asal Akademi Celtic

Hal ini  tentu akan semakin meramaikan persaingan ketat di lini tengah The Gunners. Tercatat, saat ini ia telah mewakili Belgia di level Under 17, Under 19, dan Under 21, sebelum akhirnya menerima panggilan pertama kali ke tim nasional senior pada Maret 2021.

Dengan mahar 17,5 juta euro atau sekira Rp301 miliar, plus tambahan 4,5 juta euro atau Rp77 miliar, pemain Timnas Belgia itu dikontrak jangka panjang. Lalu, bagaimana profil dan perjalanan karir Albert Sambi Lokonga sebelum direkrut Arsenal? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Daftar Isi :

  1. Tentang Sambi Lokonga
  2. Awal karir Lokonga di Akademi Sepak Bola
  3. Debut Mengesankan Sebagai Pemain Muda
  4. Transfernya ke Arsenal 17,5 Juta Euro
  5. Baru Saja Promosi Timnas Senior Belgia

Tentang Sambi Lokonga

Nama Lengkap : Albert Mboyo Sambi Lokonga

Tempat Lahir : Kota Brussel, Belgia

Tanggal Lahir : 22 Oktober 1999

Kebangsaan : Belgia

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Arsenal

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : -23 Midfielder

Tinggi Badan : 183 cm

Kekuatan Tendangan: Kaki Kanan

Nama Instagram: @sambilokonga48

Baca juga: Takehiro Tomiyasu, Rekrutan Pemain Baru Arsenal Asal Jepang

Awal karir Lokonga di Akademi Sepak Bola

Kota Brussel, di Belgia pada 22 Oktober 1999 silam menjadi saksi kelahiran sang pemain. Meski lahir di Belgia, sejatinya Lokonga merupakan seorang anak yang memiliki akar keturunan Afrika. Ibunya, Desiré dan  sang ayah, Joseé Lokonga bermigrasi dari negaranya, Kongo setelah terjadi peperangan. Hal ini juga untuk memastikan masa depan anak-anak mereka mendapatkan kehidupan yang layak.

Menghabiskan masa kecil bersama kedua orang tua dan saudara-saudaranya di kota indah Verviers, yang terletak di Provinsi Liège Belgia, Lokonga sudah mencintai sepak bola sejak usianya masih muda. Bakat sang pemain kemudian dilirik oleh Akademi klub raksasa Belgia, Anderlecht.

Di akademi tersebut Lokonga memulainya di Anderlecht jenjang U 19. Tiga musim membela skuad muda,  ia pun mendapatkan kontrak profesional pertama dalam kariernya untuk masuk skuad utama Anderlecht pada musim kompetisi 2016/ 17. Kali pertama ia masuk pada bagian skuad utama klub top Belgia itu, saat usianya masih 18 tahun.

Baca juga: Ini Profil Gabriel Magalhaes, Bek Tangguh Andalan Arsenal

Debut Mengesankan Sebagai Pemain Muda

Debut pertamanya di musim kompetisi itu ia langsung menunjukkan performa terbaiknya mengawal lini tengah klub berjuluk The Purple and White. Kemampuan dalam mengolah bola, mengalirkan umpan serta larinya yang lincah ditampilkannya cukup baik dalam perannya sebagai gelandang box to box. 

Usai debut tersebut ia tak langsung tampil reguler di skuad utama. Malahan,  ia harus melewati semusim lebih dulu sebagai pemain cadangan Anderlecht. Semusim berlalu, pemain kelahiran Brussel itu terus  menunjukkan kematangan bermainnya bersama Anderlecht. Tercatat,  Lokonga sukses melakoni 37 penampilan bersama tim senior dan mampu melesakkan tiga gol musim keduanya.

Selain dibekali kemampuan olah bola yang mumpuni, di usianya yang masih muda, Lokonga juga punya jiwa kepemimpinan yang sangat tinggi di lapangan. Hal inilah ,yang membuatnya didapuk  sebagai kapten Anderlecht sejak Desember 2021.

Jika ditotal, Lokonga sudah melakoni 26 laga yang mana ia menjadi komandan di lapangan. Adapun selama membela Anderlecht ia telah turun sebanyak 78 kali dalam laga bersama Anderlecht sebelum akhirnya namanya diminati manajer Arsenal, Mikel Arteta.

Baca juga: Granit Xhaka, Kapten Timnas Swiss Berjuluk “Xhakboom” di Arsenal

Transfernya ke Arsenal 17,5 Juta Euro

Meskipun rekor golnya tidak terlalu bagus di Anderlecht dengan 3 gol dari 78  penampilan, bagi seorang gelandang, peran utamanya adalah menciptakan gol untuk rekan satu tim daripada mencetaknya sendiri. Capaian sang kapten muda Anderlecht tersebut nyatanya membuat  manajemen Arsenal kepincut mengamankan tanda tanganya. 

Dengan nilai transfer sebesar 17,5 juta euro digelontorkan untuk memuluskan kepindahannya  ke Emirates Stadium. Di Arsenal,  Albert Sambi Lokonga menggunakan jersey bernomor punggung 23. 

Lokonga  bakal menjadi solusi lini tengah Arsenal yang dalam beberapa musim terakhir tampil tak konsisten.  Lokonga diharapkan bisa mengeluarkan segala kemampuan terbaiknya, seperti legenda mereka, Patrick Vieira.

Baca juga: Fakta Eddie Nketiah, Striker Muda Arsenal yang Minim Kesempatan

Baru Saja Promosi Timnas Senior Belgia

Lokonga sebetulnya memiliki kewarganegaraan ganda, yakni  Belgia dan Kongo. Meski sempat diminta untuk memperkuat tim nasional sepak bola Kongo, pemain kelahiran Kota Brussel itu lebih memilih untuk memperkuat tim nasional Belgia agar bisa meraih prestasi di Eropa, bahkan dunia. 

Lokonga memulai karir internasional Belgia  tampil di beberapa level kelompok umur. Lokonga pun akhirnya menarik perhatian pelatih skuad utama Belgia, Roberto Martinez. Ia mendapat panggilan pertama tersebut pada Maret 2021 yang lalu. 

Sebelumnya, nama Lokonga sempat masuk radar Martinez untuk skuat Piala Eropa 2021. Namun sayangnya, banyaknya pemain senior di lini tengah di skuad De Rode Duivels, membuat Lokonga masih belum dapat kesempatan main. Namun seiring berjalannya waktu,  dengan usia yang masih muda serta bakat besar yang ia miliki, Lokonga pun disebut bakal menjadi bintang baru masa depan Timnas Belgia.

Baca juga: Fakta Alexandre Lacazette, Penyerang Haus Gol Milik Arsenal

Leave A Reply

Your email address will not be published.