Berita Nasional Terpercaya

Muhammadiyah Serius Menata Pelayanan Kesehatan Global

0

PALEMBANG, BERNAS.ID – Dunia semakin sempit, batas teritorial suatu negara atau bangsa sudah tidak terlihat lagi, maka kiprah Muhammadiyah khususnya dalam menata kesehatan secara global adalah sebuah keniscayaan dan harus diperhatikan dengan serius.

Demikian disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bidang Kesehatan, dr. Agus Taufiqurrahman dalam Pembukaan Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah – ‘Aisyiyah ke-48 pada, Kamis (24/3/2022) yang diselenggarakan secara blended di Universitas Muhammadiyah Palembang.

Baca Juga : Muhammadiyah Bela Megawati Soal Pernyataan Minyak Goreng

Dokter agus menceritakan, Muhammadiyah mendapat permintaan dari salah satu Negara di Eropa yang membutuhkan banyak tenaga kesehatan. Maka Muhammadiyah sekarang tidak boleh merasa cukup belajar dari negara-negara Barat, namun juga harus mempersiapkan tenaga kesehatan yang bisa mengisi kekosongan tenaga kesehatan di luar negeri.

Melihat realitas global yang sedemikian ‘sempit’, dokter Agus menyebut, tidak cukup bagi Muhammadiyah hanya menyediakan tenaga kesehatan bagi internal persyarikatan maupun lokal Indonesia. Tapi sudah saatnya Muhammadiyah ikut berkiprah menata kesehatan secara global.

Baca Juga : Dukung Dakwah NU dan Muhammadiyah, Pemkab Temanggung Kucurkan Dana Miliaran Rupiah

Dari seminar ini yang mengusung tema “Transformasi Pembangunan Kesehatan Semesta: Tantangan Bagi Muhammadiyah,” diharapkan pada Muktamar ke-48 Muhammadiyah – ‘Aisyiyah bisa merumuskan program bidang pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, dan menata pelayanan bersama masyarakat.

“Kita berharap seminar ini akan menjadi masukan yang terbaik bagi panitia muktamar, SC, OC yang menyiapkan agar nanti seluruh dokumen yang akan kita bicarakan di muktamar siap. Dan bisa menjawab tantangan dan kebutuhan yang harus kita siapkan,” harap dokter Agus. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.