Berita Nasional Terpercaya

Hari Air Dunia, Bupati Sleman Tebar Bibit Ikan dan Tanam Pohon

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Sleman terus mengupayakan pengelolaan sumber daya air melalui berbagai program di wilayahnya. Program tersebut untuk menjaga ketersediaan kualitas dan kuantitas kebutuhan air bersih bagi warga Sleman.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, merinci sejumlah program pengelolaan sumber daya air, penanaman pohon, pengelolaan sungai, pengelolaan mata air, pembuatan sumur resapan, pembangunan embung dan pembangunan bendung. Ia mengatakan, sumber daya air alami yang teridentifikasi di tahun 2022 sejumlah 70 sungai dan 373 mata air.

“Untuk sumber daya air buatan yang terbangun sejumlah 29 embung, termasuk diantaranya embung Jetis Suruh ini,” jelas Kustini pada peringatan Hari Air Dunia (HAD) ke-XXX tahun 2022 di Embung Jetis Suruh, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Sabtu (26/3/2022).

Baca Juga Hari Air Dunia, 200 Pohon Buah-buahan Ditanam di Embung Tambakboyo

Dalam peringatan HAD tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas PUPKP Kabupaten Sleman melakukan penebaran benih ikan dan penanaman bibit pohon. 

Dalam sambutannya, Kustini mengajak masyarakat untuk mengingatkan tentang pentingnya kesadaran warga Sleman untuk merawat sumber air bersih agar dapat terus dimanfaatkan oleh generasi selanjutnya, karena air menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

“Memenuhi hampir seluruh kebutuhan, mulai dari kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan industri. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk menjaga kelestarian air,” ujarnya.

Baca Juga PDAM Tirta Sembada Bagi-bagi Pohon Kaktus untuk Peringati Hari Air

Kepala Dinas PUPKP Sleman, Taupiq Wahyudi mengatakan, peringatan HAD tahun 2022 menjadi yang pertama kali digelar di masa Pandemi Covid-19. Ia menyebut tema HAD tahun 2022, yaitu Groundwater-Making The Invisible Visible, sedangkan tema nasionalnya yakni MANTAP, Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan.

“Peringatan HAD terakhir dilaksanakan di embung Kaliaji Turi tahun 2019 lalu,” ucapnya.

Taupiq menyebut dalam peringatan HAD tahun 2022, pihaknya juga mengadakan kerja bakti pembersihan embung Jetis Suruh pada 14-19 Maret 2022, Gerakan Irigasi Bersih pada 20 Maret 2022, dan acara puncak penebaran bibit ikan, penanaman pohon, serta Sarasehan HAD. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.