Berita Nasional Terpercaya

Densus 88 Sebut 16 Terduga Teroris di Sumbar Terafiliasi NII

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Densus (Detasemen Khusus) 88 menyebut 16 tersangka dugaan terorisme di Sumatera Barat (Sumbar) berasal dari kelompok Negara Islam Indonesia (NII). Adapun 16 tersangka tersebut diamankan di berbagai titik yang berbeda di wilayah Sumbar.

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan, saat ini masih belum menjelaskan tentang peran 16 orang tersebut dalam jaringan terorisme. Namun, ia mengonfirmasi para tersangka itu terkait NII.

“Dari kelompok NII (para tersangka itu-red),” tuturnya saat dikonfirmasi, Minggu (27/3).

Baca Juga BNPT Sebut Ciri-ciri Penceramah yang Terindikasi Radikal

Dalam sejarah, NII merupakan gerakan pemberontakan bersenjata yang dipimpin oleh Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo. Ia ditangkap dan dieksekusi pada tahun 1962.

Saat ini, gerakan yang kini tak diakui itu terpecah menjadi kelompok teroris di Indonesia, salah satunya Jamaah Islamiyah (JI).

Baca Juga BNPT Sebut Teroris Menyusup ke Partai dan Ormas

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pok Ahmad Ramadhan menyampaikan, tentang penangkapan belasan terduga teroris tersebut.

“Densus 88 melakukan penangkapan terhadap 16 tersangka teroris di wilayah Sumbar terdiri dari 12 tersangka di wilayah Dhamasraya dan 4 tersangka di wilayah Tanah Datar,” katanya. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.