Berita Nasional Terpercaya

Longsor dan Angin Kencang Terjang Temanggung

0

TEMANGGUNG, BERNAS.ID – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Temanggung mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan merusak sejumlah bangunan, Senin (28/3/2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung masih mendata kerusakan dan kerugian dari kejadian yang terjadi sekitar pukul 13.30 hingga sore hari tersebut.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Temanggung, Toifur Hadi mengatakan, hingga Senin sore tidak ada laporan adanya korban jiwa. Walau begitu petugas masih terus mendata dan mencari kemungkinan adannya korban jiwa dan luka.

“Kami masih terus meminta laporan dari dusun dan desa dampak dari hujan deras dan angin kencang,” kata dia, Senin (29/3/2022).

Baca juga: Sultan Ingatkan Bahaya Hujan Deras Angin Kencang

Dikatakannya, hujan deras dan angin kencang mengakibatkan pohon tumbang, longsor dan kerusakan bangunan. Di antaranya 10 rumah di Dusun Sanggrahan Desa Kalirejo Kecamatan Kledung yang terangkat dan terbawa angin.

“Sejumlah pohon di pinggir jalan tumbang dan menghalangi jalan. Satu diantaranya di Tembarak,” kata dia.

Baca juga: IPM Temanggung Meningkat Jadi 69,88 Persen

Sebelumnya BMKG telah menginformasikan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Wilayah yang akan terkena diantaranya Tembarak, Kedu, Kledung, Parakan, Bulu dan Wonoboyo.

“Kerugian dari bencana masih dalam pendataan tim, namun diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah,” kata Toifur sembari mengatakan tim masih berada di lapangan untuk membantu warga dalam penanganan kedaruratan. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.