Berita Nasional Terpercaya

Begini Situasi Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadan di Kota Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dinas Perdagangan Kota Jogja telah melakukan beberapa upaya untuk menjamin ketersediaan bahan pokok di Kota Jogja, menjelang Ramadan. Saat ini, secara umum kondisi masih aman terkendali.

Kabid Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Jogja Sri Riswanti menjelaskan, pada Jumat (1/4/2022) Pemkot Yogyakarta akan melakukan pemantauan di tiga titik lokasi, yakni Pasar Beringharjo, distributor minyak curah milik Sumantri di Pojok Beteng Kulon, dan Superindo Jalan Bantul selaku retail.

“Bapak Walikota akan ikut memantau. Harapannya ketiga tempat ini akan mewakili keadaan komoditi di Kota Jogja,” ujarnya, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di DIY Meningkat

Ia meneruskan, dari pantauan Senin (28/3/2022) kemarin, ada fluktuasi harga untuk komoditas berbagai jenis cabai, yang rata-rata menurun sekitar 20 persen. Cabai adalah komoditas yang tidak awet, mudah busuk, sehingga fluktuasi harganya cepat.

“Minyak goreng curah saat ini langka. Sudah delapan kali dilakukan operasi pasar, termasuk hari ini di Pasar Kranggan dan Prawirotaman. Sudah 54 ton untuk operasi pasar,” imbuh dia.

Baca juga: Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok DIY Stabil, Kecuali yang Satu Ini…

Ia meneruskan, komoditi lain naik, namun belum terlalu tinggi. Telur, daging sapi cenderung tinggi. Namun menjelang Ramadan, biasanya memang ada kenaikan harga daging sapi, daging ayam, maupun telur. Ia berharap tidak terjadi lonjakan tinggi, sehingga kenaikannya masih wajar.

“Itu memang sudah tren sepanjang Ramadan dan lebaran,” kata dia.

Terkait komoditas lain, dua pekan lalu pihaknya sudah memantau dua jenis komoditas yakni cabai rawit dan bawang merah, di delapan pasar tradisional Jogja.

“Untuk bawang putih turun sedikit, kalau bawang merah stabil,” ungkap dia.

Sementara untuk gula pasir kemasan premium sudah ditetapkan HET terbaru, yakni Rp. 13.500 per kg. Barang yang beredar memang terbatas tetapi tetap ada.

“Tidak langka, pilihannya bermacam-macam, masih ada di pasar,” imbuhnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.