Berita Nasional Terpercaya

Luhut Berharap Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan Presiden China Xi Jinping

1

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah menargetkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bisa diujicobakan November tahun ini. Hal itu nantinya akan bertepatan dengan puncak acara G20 2022 Luhut berharap Presiden China Xi Jinping bisa ikut meresmikan proyek besar tersebut.

“Kita pengen karena nanti mudah-mudahan Presiden Xi Jinping, dan Presiden Jokowi juga ada di Bali. Beberapa proyek besar kita dengan Tiongkok juga akan kita coba resmikan pakai zoom,” kata Luhut, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Luhut: Kasus Nasional Turun 90 Persen

Luhut juga menjelaskan, untuk moda kereta akan diujicobakan dari Tegal Luar menuju Padalarang.

“Itu kita jalankan tapi tadi karena di luar kontrol kita, geologis mengenai tanah yang longsor itu, terpaksa kita delay. Tapi, saya dengar dari pelaporannya dari pak dirut (Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi) sudah oke,” jelas Luhut.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Beroperasi 2019, Ini Perkembangannya

Sebelumnya, proyek pembangunan KCJB di tunnel 6 sempat terhambat karena adanya longsor. Disebabkan letak geografis yang harus melewati kondisi tanah lempung (clay shale). Sehingga, hal tersebut membuat proses pembangunan membutuhkan waktu lebih.

“Karena adanya permasalahan longsor kemarin, jadi kita agak sempat tertunda sekitar 5-6 bulan. Kita bakal coba dipepet-pepetin langsung kalau bisa ya 10 bulan dari sekarang sudah trial,” kata Luhut.

Soal peresmian yang dilakukan XiJinping, General Manager Corporate Secretary KCIC, Rahadian Ratry menjelaskan, uji coba kecepatan kereta itu kemungkinan melibatkan Xi Jinping.

“Uji coba masih sesuai yang direncanakan yakni bersama dengan Presiden Tiongkok. Uji coba yang dilakukan adalah dynamic test atau uji dinamis yang akan dilakukan dari stasiun Tegalluar menuju stasiun Padalarang. Pada dynamic test, kecepatan yang diperkenankan adalah 40 km – 120 km,” katanya. (den)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Luhut Berharap Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan Presiden China Xi Jinping […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.