Berita Nasional Terpercaya

Uni Eropa Tegaskan Komitmen Dukung Kesuksesan Presidensi G20

1

JAKARTA, BERNAS.ID – Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia Vincent Piket menegaskan komitmen UE untuk mendukung Indonesia meraih kesuksesan dalam presidensi G20 tahun ini.

Dukungan tak hanya dari UE, tapi juga lima negara anggota yang menjadi bagian dari G20, yakni Jerman, Italia, Perancis, Belanda, dan Spanyol.

“Kami bertekad untuk mendukung Indonesia dan mengambil langkah apapun yang dapat dilakukan untuk menyukseskan (presidensi Indonesia),” kata Piket di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Mendikbudristek: Indonesia Pimpin Gotong Royong melalui G20 Education Working Group 2022

Dia mengatakan, tema presidensi Indonesia yakni “Recover Together, Recover Stronger” merupakan tema yang sangat tepat, mengingat saat ini dunia masih dibayangi oleh dampak pandemi COVID-19.

Menurut dia, dunia perlu segera pulih dari krisis yang diakibatkan oleh pandemi, baik secara ekonomi maupun sosial, dan perlu bersiap menghadapi pandemi di masa depan atau krisis lain yang serupa.

Piket juga menyinggung soal ketegangan antara Rusia dan Ukraina dan aksi militer yang dilancarkan Rusia terhadap Ukraina saat ini.

Menurutnya, hal tersebut menjadi tantangan bagi tujuan untuk pulih bersama.

“Untuk pulih bersama, saat ini kita tidak sedang bersama Rusia terkait hal ini. Namun kita akan mencapai tujuan itu, sembari terus membuat kemajuan-kemajuan,” ujarnya.

Baca juga: Side Event Presidensi G20 Tingkatkan Citra Positif Indonesia

Dia menuturkan, hal yang penting bagi UE adalah ketika negara-negara G20 menggunakan kekuatannya masing-masing untuk mencapai tujuan dalam isu-isu prioritas.

“Masing-masing negara memiliki kontribusi yang dapat diberikan, baik dari segi kebijakan maupun ekonomi dan pendanaan. Tentunya Uni Eropa akan memainkan perannya di sana,” papar Piket.

Indonesia sendiri telah menetapkan tiga isu prioritas dalam presidensinya di G20, yakni penguatan arsitektur kesehatan global, transisi menuju ekonomi dan energi hijau, serta transformasi digital.

Piket menilai bahwa isu-isu prioritas tersebut membawa tantangan tersendiri bagi Indonesia, namun dia percaya bahwa Indonesia akan meraih hasil-hasil konkret dalam ketiga fokus itu.

“Saya rasa Indonesia berada di posisi yang tepat sebagai presiden, karena Indonesia merupakan negara berpendapatan menengah  dan memiliki kemampuan untuk menjembatani negara-negara maju dan negara-negara berkembang,” tutur Piket.

“Di masa lampau, Indonesia telah membuktikan kemampuannya, jadi saya rasa ini dapat menjadi tiket menuju kesuksesan dalam presidensi Anda,” tandasnya. (den)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Uni Eropa Tegaskan Komitmen Dukung Kesuksesan Presidensi G20 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.