Berita Nasional Terpercaya

Libur Nyepi, Petugas Kepolisian Jogja Awasi Protokol Kesehatan di Kawasan Objek Wisata?

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Satlantas Polresta Jogja bersama unit gabungan lainnya melakukan pengawasan protokol kesehatan (prokes) warga dan wisatawan di kawasan objek wisata di wilayah setempat pada libur Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Kamis (3/3/2022). Sejumlah objek wisata yang diawasi yaitu Taman Pintar, Teras Malioboro serta Tugu Pal Putih. 

Kasatlantas Polresta Jogja, AKP Candra Lulus Widiantoro mengungkapkan, selain bertepatan dengan Ops Keselamatan Progo 2022 pengawasan prokes kepada warga dan wisatawan itu dilakukan guna mencegah penularan COVID-19 yang melonjak signifikan beberapa hari belakangan. Pasalnya, pada pekan ini terdapat beberapa libur tanggal merah termasuk Nyepi yang tentunya membuat Jogja ramai wisatawan.

“Kegiatan hari ini kami fokuskan untuk imbauan dan penyuluhan kepada para wisatawan di beberapa objek wisata, salah satunya adalah memperhatikan prokes jika mengunjungi objek wisata tapi setelah kegiatan imbauan dan sosialisasi prokes kami nanti juga ke jalan yaitu persimpangan untuk melaksanakan tertib berlalu lintas,” kata Candra. 

Baca juga: Cegah Kerumunan di Libur Panjang, Ini yang Diterapkan di Taman Pintar

Petugas di lapangan menurut dia masih akan bersifat mengimbau kepada wisatawan dan warga yang melanggar aturan prokes. Petugas lapangan menurutnya menyediakan masker cadangan yang nantinya akan dibagikan kepada sejumlah pengendara yang ditemui belum mengenakan masker. 

“Untuk kegiatan penindakan kami belum ke arah sana, sifatnya masih preemtif dan preventif. Lebih ke sosialisasi,” imbuh dia. 

Tiga Satgas yang masing-masing terdiri dari preemtif, preventif dan banops (bantuan operasi) dikerahkan. Mereka berkeliling dan terjun ke sejumlah titik yang dituju untuk mengawasi pelaksanaan prokes serta menyosialisasikan aturan tertib berlalu lintas. 

“Hari ini kami lakukan di beberapa titik saja sesuai dengan hasil evaluasi Ops Keselamatan Progo 2021, objek wisata yang ramai dan rawan kecelakaan lalu lintas, kemudian rawan kemacetan dan tempat yang rawan pelanggaran itu jadi perhatian,” ujar dia. 

Baca juga: Aksi Klitih Marak Lagi, Ini yang Dilakukan Polresta Jogja

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Jogja, Iptu Jayeng Hadi menyebut, kawasan selasar bangunan di Malioboro maupun area Teras I dan II tidak lepas dari perhatian petugas dalam pengawasan prokes kali ini. 

“Karena hari ini libur kami menyasar ke objek wisata ya, baik taman pintar atau di selasar Malioboro dan juga Benteng Vredeburg. Teras satu dan dua juga jadi perhatian,” ungkapnya. 

Kepada pengguna skuter listrik Jayeng menyebut bahwa petugas nantinya akan bertindak persuasif dan lebih menekankan pada aspek imbauan agar penggunaannya tidak dilakukan di lorong maupun pedestrian.

“Petugas dibagi menjadi tiga yakni ada yang mobile ke sejumlah titik melalui patroli, kemudian ada juga yang mengawasi di objek wisata dengan mengimbau prokes atau tertib berlalu lintas serta dengan menggunakan medium spanduk dan sarana lain untuk melakukan pemantauan di lapangan,” tandas dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.