Berita Nasional Terpercaya

Operasi Keselamatan Progo 2022 Menyasar Objek Wisata di Libur Nyepi

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Operasi Keselamatan Progo 2022 menyasar sejumlah objek pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta saat libur Hari Raya Nyepi, Kamis (3/3/2022). Tak dipungkiri Yogyakarta menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat lokal ataupun mancanegara untuk berwisata. 

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto mengatakan, libur Hari Raya Nyepi bertepatan dengan hari ketiga pelaksanaan Operasi Keselamatan Progo 2022. Untuk itu perlu disikapi anggota kepolisian yang tergabung dalam Operasi Keselamatan Progo 2022 untuk melaksanakan sejumlah kegiatan edukatif.

“Kami melaksanakan kegiatan di obyek wisata seperti Kebon Binatang Gembira Loka, Tugu Yogyakarta, Kawasan Monjali, Prambanan, dan Malioboro,” tuturnya.

Baca Juga Polda DIY Semangati Atlet Balap Sepeda Jelang SEA Games dan Asian Games

Terkait kegiatan edukatif yang dilakukan anggota kepolisian di lapangan, Yuliyanto menyebut penjagaan dan pengaturan lalu lintas, lalu pengecekan kendaraan laik jalan dan kelengkapan kendaraan, serta himbauan untuk kendaraan tidak menggunakan sirine atau rotator kecuali kendaraan yang ditentukan.

“Selain itu, himbauan untuk kendaraan angkutan barang agar tidak melebihi kapasitas. Juga dilaksanakan penertiban dan himbauan kepatuhan terhadap protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid 19 dan pembagian masker tentu juga menjadi hal yang utama,” bebernya.

Yuliyanto menerangkan, kegiatan tersebut dilakukan oleh seluruh jajaran Polda DIY karena semua Polres di Yogyakarta memiliki objek wisata dengan daya tarik dan tujuan wisata tersendiri. “Kami Polri punya tanggungjawab untuk menjamin keselamatan masyarakat dan wisatawan. Oleh karena kegiatan ini kami lakukan baik siang maupun malam hari seperti tadi malam walapun hujan kami tetap melakukan upaya-upaya himbauan,” katanya.

“Semoga ikhtiar yang dilakukan Polda DIY untuk menjamin keselamatan berlalu lintas dan pencegahan penyebaran covid 19 dapat terwujud, tentu saja perlu kerjasama dan peran aktif masyarakat saat diperlukan,” tukasnya.

Baca Juga Kapolda DIY Tinjau Langsung Vaksinasi Massal di Prambanan

Sebelumnya, Wadir Lantas Polda DIY AKBP Hendra Gunawan mengatakan Operasi Keselamatan Progo 2022 merupakan salah satu cara Kepolisian untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat karena lalu lintas sendiri merupakan urat nadi kehidupan. Ketertiban dan kedisiplinan masyarakat dalam berkendara akan berdampak pada semakin bagusnya mobilitas masyarakat. Di sisi lain, produktifitas masyarakat dapat dicapai dengan lancarnya lalu lintas.

Selain itu, Operasi Keselamatan juga bertujuan untuk membangun kesadaran berlalu lintas secara aman dan selamat. Karena terjadinya pelanggaran dapat berakibat pada kecelakaan, sedangkan akibat dari kecelakaan tentu akan merugikan masyarakat dalam hal ini pengguna jalan. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.