Berita Nasional Terpercaya

PDIP Tolak Wacana Penundaan Pemilu

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara tegas menolak ide penundaan Pemilu 2024. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa sikap ini juga sejalan dengan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Hasto, Jokowi berulang kali menegaskan bahwa dirinya menolak usulan penundaan Pemilu maupun perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Ia kemudian menyinggung ucapan Jokowi beberapa waktu lalu ketika merespons wacana perpanjangan masa jabatan presiden. Saat itu, Jokowi menyebut bahwa pihak yang mengusulkan hal tersebut justru ingin menjerumuskannya.

“Presiden pernah menyatakan, sebagai pemimpin negara kalau ada yang mengusulkan perpanjangan yang mengusulkan jabatan tiga periode, itu menampar muka saya, ingin cari muka, itu justru menjerumuskan saya. Itu kan kata presiden,” kata Hasto, Kamis (3/3/2022).

Baca juga: YLBHI: Tunda Pemilu Bakal Langgengkan Watak Otoriter Rezim Jokowi

“Sejak awal ketika kami menyampaikan sikap, kami tegaskan bahwa sikap PDIP ini senapas dengan sikap Presiden Jokowi karena di dalam kultur kepemimpinan kita seorang pemimpin itu kan diukur dari konsistensi dalam sikapnya,” imbuh Hasto.

Menurut Hasto, sikap PDIP sejak awal adalah taat pada konsitusi negara. Ia juga mengatakan bahwa tidak ada ruang bagi penundaan Pemilu.

“PDI Perjuangan akan terus kokoh, karena memang tidak ada ruang bagi penundaan Pemilu,” tegasnya.

Baca juga: Amini Cak Imin, Zulkifli Hasan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

Seperti diketahui, wacana penundaan Pemilu 2024 kembali mencuat usai Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan usulan tersebut beberapa waktu lalu. Dia mengaku sudah berkeliling Indonesia dan menyerap aspirasi dari masyarakat.

Cak Imin merupakan pimpinan partai politik yang pertama kali mencuatkan kembali isu penundaan Pemilu 2024. Dia mengaku sudah berkeliling Indonesia dan menyerap aspirasi dari masyarakat.

Hasilnya, pemulihan ekonomi imbas pandemi COVID-19 masih berjalan. Jika pemungutan suara digelar sesuai jadwal pada 14 Februari 2024, dia cemas pemulihan ekonomi jadi terhambat.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan lalu mendukung usulan penundaan pemilu 2024. Secara garis besar, alasannya sama dengan Cak Imin yakni seputar pemulihan ekonomi. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.