Berita Nasional Terpercaya

Waspada, Sudah Ada 332 Kasus ‘Son of Omnicron’ di RI

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Selain COVID-19 varian Omicron yang tengah merebak di Indonesia hingga membuat lonjakan kasus tiap harinya, kini merebak juga sub varian Omicron alias BA.2 belakangan ini.

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), sub varian BA.2 atau yang dijuluki 'Son of Omicron', sudah ada 332 kasus yang teridentifikasi di Indonesia.

“Sudah ada 332 kasus,” ungkap dr Siti Nadia Tarmizi, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Sabtu (5/3/2022).

Baca juga: Varian BA.2 'Son of Omicron' Dipastikan Sudah Ada di Indonesia

Adapun dua gejala baru yang dilaporkan berbeda dengan strain aslinya (BA.1). Berdasarkan laporan Krem 2 News, U.S National Library of Medicine membeberkan, dua gejala Son of Omicron atau BA.2 berupa pusing dan kelelahan.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa sub varian Omicron lebih menular 30 persen daripada strain aslinya.

Baca juga: Skenario Terburuk, Luhut: 100 Ribu Kasus per Hari

Sementara itu, ahli kesehatan dari Spokane Regional Health District (SRHD) Health Francisco, Velazquez, mengungkapkan gejala sub varian Omicron BA.2 kerap datang bersamaan dengan beberapa keluhan umum pasien Omicron (BA.1), yaitu bersin, batuk, sakit tenggorokan, dan pilek.

“Waspada jika merasa pusing dan kelelahan. Infeksi sebelumnya dari varian Omicron (BA.1) juga tidak memberikan kekebalan untuk varian BA.2,” terangnya, sambil menekankan perlunya vaksinasi booster, demi mencegah risiko rawat inap hingga kematian. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.