Berita Nasional Terpercaya

RAPI Sleman Gowes Bareng Peringati Hari Kedaulatan Negara

0

SLEMAN, BERNAS.ID – RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Sleman menggelar funbike untuk memperingati Hari Penegakan Kedaulatan Negara pada 1 Maret, Minggu (6/3/2022). Funbike dengan tema “Janur Kuning in Memorial” ini memulai start dari Stadion Maguwoharjo Sleman. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berkesempatan langsung untuk mengibaskan bendera start.

Bupati Sleman, Kustini, mengapresiasi funbike RAPI Sleman karena memiliki banyak manfaat. Manfaat pertama, bisa menjaga kebugaran tubuh di masa Pandemi Covid-19 ini. “Dengan adanya funbike ini, masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga kebugaran tubuh, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini,” tuturnya. 

“Sekaligus bisa mengenang pahlawan-pahlawan kita yang telah merebut serta mempertahankan kemerdekaan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” imbuhnya.

Baca Juga RAPI Sleman Tingkatkan Kompetensi Kesiapsiagaan Bencana

Sementara Ketua RAPI Sleman, Untung Sukaryadi mengatakan, acara funbike ini merupakan representasi dari ekspresi kegembiraan masyarakat Yogyakarta, khususnya Sleman karena peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta telah ditetapkan sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

“Penetapan itu melalui Keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2022. Acara funbike ini mengusung slogan Dari Jogja, NKRI Tetap Berdaulat,” imbuhnya.

Baca Juga Uniknya, Peringati Serangan Umum 1 Maret dengan Kostum Penerbang Ala 45

Untung juga mengatakan, kegiatan funbike ini juga sekaligus mengenang jasa Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebagai inisiator Serangan Umum 1 Maret 1949. “Kegiatan ini diikuti sebanyak 1500 peserta. Seluruh peserta gowes memulai start dari Stadion Maguwoharjo,” katanya.

Para peserta akan bersepeda menempuh jarak 7,5 kilometer, kemudian kembali lagi finish di Stadion Maguwoharjo. Tak hanya gowes, pada acara tersebut juga diadakan senam bersama dengan hadiah doorprize berupa sepeda motor. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.