Berita Nasional Terpercaya

Kasus Meningkat Tajam Lagi, Pemda DIY Diminta Lebih Serius Tanggulangi COVID-19

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kondisi kasus harian COVID-19 di DIY belakangan ini terus meningkat tajam. Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto meminta Pemda DIY lebih serius menangani situasi yang terjadi.

“Keadaan di DIY memerlukan penanganan yang lebih serius oleh pemerintah daerah. Penanggulangan COVID ini akan lebih baik kalau berbasis RT-RW,” kata Eko, Senin (7/3/2022).

Ia mengaku, pekan ini Komisi A akan mengundang instansi terkait untuk membicarakan penanggulangan berbasis RT-RW. Selain itu ia akan meminta instansi terkait untuk memperketat kontrol terhadap pusat keramaian.

“Pemda harus lebih tegas menegakkan protokol kesehatan di tempat wisata, pasar, mall, terminal, dan berbagai aktivitas masyarakat ini harus mendapatkan pengawasan yang lebih intensif,” harap dia.

Baca juga: Pemda DIY Didesak Bantu Perekonomian Warga Terdampak Corona

Ia mengingatkan, fasilitas internet harus tersedia di pusat keramaian publik, supaya pengunjung bisa mudah check-in menggunakan PeduliLindungi. Pengecekan suhu menurut dia juga harus ketat dilakukan.

“Termasuk di rumah makan dan tempat wisata juga. Ini bagian dari kontrol, karena lonjakan keramaian terjadi di mana-mana,” katanya.

Penegakan hukum menurut dia harus diperkuat. Tempat usaha yang melanggar prokes harus mendapat peringatan.

“Karena kelalaian itu berdampak terhadap kenaikan kasus,” katanya.

Baca juga: Linmas Perlu Dioptimalkan Perannya di Masa Pandemi

Vaksinasi menurut Eko, juga harus dipercepat. karena ia mengetahui sendiri masih ada masyarakat yang baru vaksin pertama, dan bahkan belum vaksin sama sekali.

“Pemda harus memberikan layanan vaksinasi dengan skema percepatan,” katanya.

Ia juga mengusulkan penggunaan anggaran dana tak terbuka (DTT) untuk penanggulangan COVID-19. Sebab tersedia Rp. 94,7 miliar dana DTT di APBD 2022 yang selain untuk mengantisipasi erupsi Merapi atau bencana lain, juga bisa digunakan untuk penanggulangan COVID-19.

“Harapannya DTT bisa dialokasikan untuk membantu operasi penanganan COVID-19, termasuk diberikan bagi rumah sakit, menjamin ketersediaan oksigen dan yang lain,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.