Berita Nasional Terpercaya

Laporan Keuangan UMKM: 4 Hal Wajib yang Harus Dibahas dengan Akuntan

0

Bernas.id – Banyak wirausahawan memulai sebuah bisnis UMKM karena memiliki keterampilan atau ide yang dapat dipasarkan. Bersamaan dengan fenomena tadi, sebagian besar pemilik UMKM tidak memulai dengan pengetahuan akuntansi. Akibatnya, sering dijumpai sebuah UMKM mengalami permasalahan pencatatan laporan keuangan.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki akuntan yang bisa menerjemahkan bisnis Anda dalam bentuk laporan keuangan, kemandirian finansial, dan lain sebagainya. Dengan begitu, sebagai pemilik bisnis, Anda akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apa yang terjadi dalam bisnis.

Walaupun memiliki seorang akuntan yang bekerja dengan baik dan tepat, Anda tetap perlu memiliki pengetahuan tentang bagaimana konsep dasar akuntansi. Apalagi, ada banyak istilah akuntansi yang membuat bingung dalam sebuah laporan keuangan.

Dengan memahami konsep-konsep dasar akuntansi, Anda dapat membicarakan lebih mendalam tentang sejumlah faktor vital akuntansi di bawah ini untuk mengembangkan bisnis UMKM jadi lebih berkembang. BEerikut ini 4 topik penting yang perlu dibahas pemiliki UMKM dengan karyawan bagian keuangan:

  1. Laba dan Arus Kas
  2. Estimasi Pajak dan Uang Tunai
  3. Neraca dan Laporan Laba Rugi
  4. Daftar Isi 4

Baca juga: Bagaimana Penyajian Laporan Keuangan UMKM yang Benar?

 

Laba dan Arus Kas

Penting untuk dipahami bahwa arus kas tidak selalu sama dengan keuntungan. Ada jenis transaksi tertentu seperti pinjaman dan distribusi pemilik yang akan berdampak pada arus kas.

Laporan arus kas merupakan salah satu dari tiga laporan keuangan utama sebuah bisnis. Ketiga jenis laporan keuangan  bersama dengan neraca dan laporan laba rugi, kadang-kadang disebut laporan laba rugi. 

Laporan arus kas akan menjelaskan mengapa keuntungan berbeda dengan perubahan uang tunai di rekening bank. Pengetahuan akuntansi yang mendalam diperlukan untuk menafsirkan pernyataan ini, jadi pastikan Anda meminta bantuan akuntan Anda.

Estimasi Pajak dan Uang Tunai

Untuk bisnis skala UMKM, akuntan perusahaan biasanya merangkap sebagai pengurus pajak perusahaan. Dengan demikian, diskusi tentang taksiran pajak akan membantu memastikan kepatuhan perusahaan ke pajak.

Sebagian besar bisnis di Indonesia harus membayar pajak dalam periode tertentu. Jika arus kas bisnis sedang ketat atau Anda sedang  meng

Leave A Reply

Your email address will not be published.