Berita Nasional Terpercaya

Urutan Berganti, Inilah Daftar 10 Orang Terkaya Dunia pada 2022

0

BERNAS.ID – Bloomberg kembali merilis daftar orang terkaya di dunia. Mengutip situs resminya pada Rabu (9/3/2021), sejumlah orang yang masuk dalam Bloomberg Billionaires Index berhasil mencatatkan nilai kekayaan lebih dari 100 miliar dolar AS atau di atas Rp1.400 triliun.

Sebagai perbandingan, keseluruhan belanja negara kita dalam APBN 2022 tercatat sebesar Rp2.714,2 triliun. Sebelum pandemi, Oxfam melaporkan sebanyak 2.153 miliarder di dunia punya lebih banyak kekayaan ketimpang 4,6 miliar orang termiskin secara global.

Kembali ke Bloomberg Billionaires Index, terdapat satu nama yang masuk jajaran lima besar. Dia adalah Warren Buffet. Pria berusia 91 tahun itu bahkan menjadi satu-satunya orang yang nilai kekayaannya bertambah dibandingkan empat orang di atasnya.

Baca Juga: Inilah Deretan Orang Terkaya di Rusia yang Dapat Sanksi dari Uni Eropa dan AS

Berikut daftar lengkap 10 Orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaires Index:

1. Elon Musk

  • Nilai kekayaan: US$213 miliar
  • Industri: Teknologi
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Elon Musk merupakan Co-Founder dan CEO produsen mobil listrik Tesla dan roket SpaceX. Mengutip Investopedia, dia lahir pada 28 Juni 1971 di Afrika Selatan. Dia banyak menghabiskan waktunya di Kanada, sebelum akhirnya berpindah ke AS.

Selain mengelola Tesla dan SpaceX, dia juga mendirikan perusahaan yang selanjutnya menjadi PayPal, rekening virtual untuk melakukan transaksi keuangan antarnegara.

Kesuksesannya di bidang teknologi bahkan dibanding-bandingkan dengan visioner-visioner sebelumnya, seperti Steve Jobs, Howard Hughes, Henry Ford, dan Bill Gates. Setelah melewati masa kecil yang sulit karena kerap di-bully, Musk pada akhirnya mengembangkan etos kerja yang ulet dengan bekerja 80-120 jam per minggu.

CNBC mencatatkan, pandemi tidak menggoyahkan penjualan Tesla, yang berhasil memecahkan rekor penjualan pada kuartal IV/2021, yang naik 71% dibandingkan tahun sebelumnya. Sepanjang 2021, 936.000 unit berhasil terjual. Angka tersebut naik 87% dibandingkan total penjualan pada 2020.

2. Jeff Bezos

  • Nilai kekayaan: US$161 miliar
  • Industri: Teknologi
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Pada tahun ini, Jeff Bezos menduduki peringkat kedua sebagai orang terkaya di dunia. Jeff Bezos lahir pada 12 Januari 1964 di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat.

Britannica menyebut Bezos sebagai pengusaha yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan industri e-commerce. Dia merupakan Founder Amazon.com, sebuah toko online yang awalnya menjual buku, namun berkembang menjadi berbagai macam produk.

Melalui tangan dinginnya, Amazon menjadi retail terbesar di internet dan menjadi role model bagi platform e-commerce lainnya. Pada 2021, dia mengumumkan undur diri sebagai CEO Amazon. Mengutip Biography, Bezos juga pemilik The Washington Post dan Founder perusahaan penjelajah antariksa, Blue Origin.

3. Bernard Arnault

  • Nilai kekayaan: US$125 miliar
  • Kewarganegaraan: Prancis
  • Industri: Barang konsumsi

Bernard Arnault adalah CEO LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton, sebuah produsen produk mewah terkemuka di dunia. Ia lahir di Roubaix, Prancis, pada 5 Maret 1949. 

Mengutip dari Investopedia, LVMH merupakan perusahaan induk yang dibentuk melalui sebuah merger pada 1987 yang memiliki 75 brand internasional yang mewah, termasuk Louis Vuitton, Christian Dior, Sephora, Moët et Chandon, dan Hennessy.

Kebanyakan produk LVMH adalah wine, fesyen, parfum, kosmetik, jam tangan, dan perhiasan. Melansir dari laman resmi LVMH, perusahaan tersebut berhasil membukukan pendapatan senilai 64,2 miliar euro pada 2021.

Baca Juga: Jual Chelsea Imbas Perang Rusia-Ukraina, Ini Profil Konglomerat Roman Abramovich

Nilai tersebut naik 44% dibandingkan 2020 dan naik 14% dibandingkan 2019. Pertumbuhan penjualan tertinggi terjadi di Asia dan AS, sementara di Eropa sedang mengalami pemulihan secara bertahap.

4. Bill Gates

  • Nilai Kekayaan: US$124 miliar
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat
  • Industri: Teknologi

Bill Gates lahir pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington, AS. Dia dikenal sebagai programer dan pengusaha AS yang turut menemukan Microsoft Corporation, sebuah perusahaan perangkat lunak komputer terbesar di dunia.

Bersama dengan rekannya, Paul Allen, dia mengembangkan Microsoft melalui inovasi teknologi, strategi bisnis yang tajam dan taktik bisnis yang agresif. Melansir dari Biography, dia mengumumkan pengunduran dirinya sebagai chairman Microsoft pada Februari 2014. Dia beralasan ingin fokus pada pekerjaannya sebagai filantropi melalui yayasan Bill and Melinda Gates Foundation.

5. Warren Buffet

  • Nilai Kekayaan: US$115 miliar
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat
  • Industri: Bervariasi

Warren Buffet lahir pada 30 Agustus 1930 di Omaha, Nebraska, AS. Dia memang dikenal sebagai pengusaha dan filantropi. Namun, ia juga disebut-sebut sebagai investor tersukses pada Abad ke-20 dan awal Abad ke-21.

Setelah menentang tren investasi yang sedang terjadi, ia justru berhasil mengumpulkan kekayaan pribadi senilai lebih dari 100 miliar dolar AS. Lima investasi teratas yang dikelola oleh perusahaan induk milik Buffet, Berkshire Hathaway, adalah Apple, Bank of America, Coca-Cola, American Express, dan Kraft Heinz.

Menurut catatan Bloomberg, tidak seperti empat orang di atasnya dalam daftar orang terkaya di dunia, nilai kekayaan Buffet mengalami peningkatan sebesar 7,8 miliar dolar AS pada 2022.

6. Larry Page

  • Nilai Kekayaan: US$114 miliar
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat
  • Industri: Teknologi

Larry Page lahir pada 26 Maret 1973 di East Lansing, Michigan, AS. Ia merupakan ahli komputer dan pengusaha. Bersama rekannya Sergey Brin, dia menciptakan mesin pencarian online Google.

Pada 2011, Page kembali menjadi CEO Google. Pada 2015, perusahaan tersebut direstrukturisasi sehingga Google menjadi anak perusahaan dari induk bernama Alphabet Inc.

Ia pun menjadi CEO Alphabet, namun meninggalkan jabatan itu pada Desember 2019. Meski demikian, dia masih menduduki kursi di dewan direksi Alphabhet. Pada 2021, perusahaan ini berhasil mencatatkan pendapatan besar karena layanan iklan di Google Search dan YouTube.

Baca Juga: Mengenal Alexey Mordashov, Orang Terkaya di Rusia Berjuluk “Sang Raja Baja” 

Hingga kuartal IV/2021, Alphabet membukukan pendapatan sebesar 75,3 miliar dolar AS, atau naik 32% dibandingkan tahun lalu. Alphabet mendapat untung sekitar 20,6 miliar dolar AS dari nilai tersebut.

7. Sergey Brin

  • Nilai Kekayaan: US$110 miliar
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat
  • Industri: Teknologi

Sergey Brin berada di bawah rekan kerjanya, Larry Page. Brin lahir di Moskow, Rusia, pada 21 Agustus 1973. Bersama Page, dua berhasil mendirikan situs paling sukses di jagad maya, Google.

Dia dan keluarganya pindah ke AS pada 1979. Melansir dari Biography, ia bertemu Page ketika kuliah di Stanford University. Kemudian, keduanya menciptakan mesin pencari di internet.

Google segera menjadi mesin pencari paling populer di dunia setelah diluncurkan pada 1998, yang selanjutnya membuat Page dan Brin menjadi miliarder. Brin dan Page kemudian menjadi presiden dan CEO perusahaan induk Google, Alphabet, sebelum akhirnya mereka mengundurkan diri pada Desember 2019.

8. Steve Ballmer

  • Nilai Kekayaan: US$100 miliar
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat
  • Industri: Teknologi

Steve Ballmer lahir pada 24 Maret 1956 di Detroit, Michigan, AS. Dia adalah CEO Microsoft Corporation pada tahun 2000 hingga 2014. Dia juga pemilik klub basket Los Angeles Clippers.

Setelah tidak lagi menjadi CEO Microsoft, ia mengembangkan sayapnya dengan meluncurkan Bing dan Skype. Awalnya, Bill Gates merekrut Ballmer pada 1980 sebagai manajer bisnis pertama yang pernah dimiliki perusahaan tersebut.

Melansir Investopedia, dia juga karyawan ke-30 yang bekerja di Microsoft. Kemudian dia menjabat sebagai wakil presiden eksekutif penjualan pada 1992, sebelum akhirnya menjadi CEO.

9. Larry Ellison

  • Nilai Kekayaan: US$92,1 miliar
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat
  • Industri: Teknologi

Larry Ellison lahir pada 17 Agustus 1944 di Kota New York, Amerika Serikat. Dia merupakan pengusaha sekaligus Co-Founder dari perusahaan perangkat lunak Oracle Corporation.

Dia juga menjadi CEO perusahaan tersebut pada 1977-2014. Melalui kepemimpinannya, Oracle tumbuh dari sebuah perusahaan startup dengan tiga programer menjadi perusahaan pemasok basis data perangkat lunak terbesar dan pemasok aplikasi bisnis terbesar kedua di dunia.

Melansir dari Investopedia, pertumbuhan terbesar selama ia menjabat sebagai CEO dipicu oleh kemampuannya dalam mengidentifikasi dan menguasai pasar baru.

Baca Juga: Kapal Pesiar Mewahnya Disita Perancis, Begini Rekam Jejak Raja Minyak asal Rusia Igor Sechin

Ia juga memimpin akuisisi perusahaan perangkat lunak seperti Sun Microsystems senilai 7,4 miliar dolar AS pada 2010 dan NetSuite sebesar 9,3 miliar dolar AS pada 2016. Ia memutuskan pensiun sebagai CEO pada 2014, namun menjabat sebagai ketua perusahaan dan Chief Technology Officer. 

10. Gautam Adani

  • Nilai Kekayaan: US$92,1 miliar
  • Kewarganegaraan: India
  • Industri: Bervariasi

Dari daftar 10 orang terkaya di dunia, Gautam Adan menjadi satu-satunya yang berasal dari Asia. Ia lahir di Ahmedabad, Gujarat, India, pada 24 Juni 1962. Dia merupakan Founder sekaligus Chairman dari Adani Group, dan Presiden Adani Foundation.

Perusahaannya bergerak di bidang industri pelabuhan, kedirgantaraan, energi panas, dan batu bara. Pada 2008, dia termasuk salah satu orang yang disandera di hotel Taj Mahal Palace Mumbai dalam serangan teror yang menewaskan lebih dari 160 orang.

Mengutip dari The Print, meski pandemi Covid-19 menyebabkan India mengalami resesi, nyatanya Adani Group masih terus bertumbuh. Dia berhasil memperoleh kemitraan global dan investasi. Saham dari sebagian perusahaannya melonjak, termasuk yang bergerak di bidang pertambangan, gas, dan pelabuhan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.