Berita Nasional Terpercaya

Aturan Bebas Tes Antigen dan PCR Mulai Berdampak di Perjalanan Kereta Api

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Berlakunya kebijakan baru bagi pelaku perjalanan, bebas tes COVID-19 untuk yang sudah melakukan vaksin dosis dua atau tiga mendorong peningkatan pelaku perjalanan dengan Kereta Api. Peningkatan jumlah penumpang ini menjadi angin segar bagi jasa transportasi.

Manager Humas PT KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan, setelah pemberlakuan kebijakan baru terkait syarat pelaku perjalanan, cukup berpengaruh pada jumlah pelaku perjalanan. “Sudah ada kenaikan sedikit untuk jumlah penumpang di Daop 6,” ungkap Supriyanto, Minggu (13/3/2022).

Baca juga: Inilah Syarat Perjalanan KA Jarak Jauh dan Lokal Mulai 26 Juli 2021

Ia menjelaskan, jika melihat data dari PT KAI Daop 6, pada akhir pekan yang lalu, atau Sabtu (5/3/2022) dan Minggu (6/3/2022) jumlah penumpang naik dan turun total 30.615. Sementara pada akhir pekan ini, Sabtu (12/3/2022) dan Minggu (13/3/2022) jumlah penumpang total sebanyak 31.566.

“Memang mulai berpengaruh terutama di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solobalapan. Baik penumpang naik atau turun kebanyakan dari Jakarta dan Surabaya,” kata dia.

Baca juga: Tahun 2021, Daop 6 KAI Zero Accident

Supriyanto cukup optimis dengan kebijakan baru ini dapat meningkatkan jumlah penumpang Kereta Api. Meski diberlakukan bebas tes COVID-19 untuk penumpang tertentu, pihaknya tidak hentinya mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Meski Rapid Test Antigen dan PCR ditiadakan, KAI Daop 6 Yogyakarta tetap menghimbau pelanggan KA untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Tetap memakai masker yang sesuai, tidak berbicara dan bergerombol,” tegas Supriyanto. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.