Berita Nasional Terpercaya

Profil dan Fakta Alexandre Lacazette, Penyerang Haus Gol Milik Arsenal

0

BERNAS. ID – Masa depan penyerang berkebangsaan Prancis, Alexandre Lacazette bersama Arsenal masih abu abu. Pasalnya kontrak Lacazette di Emirates Stadium hanya tersisa empat bulan lagi dan sang pemain belum memberi sinyal terkait masa depannya di Arsenal.

Hal inilah yang membuat namanya santer dikabarkan menjadi bidikan klub Ligue 1 Prancis, Olympique Lyon yang kepincut ingin memulangkan kembali sang striker ke Parc Olympique Lyonnais, setelah empat setengah tahun lalu ia menjualnya ke klub London itu seharga 60 juta Euro.

Baca juga: Callum HudsonOdoi, Winger Muda Binaan Akademi Chelsea

Nama Alexandre Lacazette,  memang mulai dikenal dunia saat membela Olympique Lyon, dimana dirinya pernah menjadi salah satu penyerang haus gol di kompetisi liga Prancis tersebut.  ika sang bomber jadi hengkang dari Arsenal, hal ini tentu menjadi kerugian besar bagi klub berjuluk The Gunners tersebut.

Apalagi pasca kepergian Pierre-Emerick Aubameyang ke Barcelona, praktis membuat namanya menjadi satu-satunya penyerang senior di Arsenal saat ini. Lalu siapakah Alexandre Lacazette dan seperti apa kisah perjalanan karir sepak bola seorang  bomber Arsenal ini? simak ulasannya berikut ini.

Daftar Isi :

  1. Tentang Alexandre Lacazette
  2. Masa Kecil Seorang Alexandre Lacazette
  3. Debut Bermain di Kompetisi Ligue 1 Prancis
  4. Digaet The Gunners pada Musim Kompetisi 2017/ 18

Tentang Alexandre Lacazette

Nama Lengkap : Alexandre Lacazette

Tempat Lahir : Lyon, Perancis

Tanggal Lahir : 28 Mei 1991

Nama Pasangan : Manon Mogavero

Kebangsaan : Prancis

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Arsenal

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 9 Striker

Tinggi Badan : 175 cm

Kekuatan Kaki: Kanan

Instagram: @lacazettealex

Baca juga: Thiago Silva, Karir Bek Kawakan Chelsea yang Sempat Mengidap TBC

Masa Kecil Seorang Alexandre Lacazette

Kota Lyon di Perancis menjadi saksi atas kelahiran Alexandre Lacazette lahir pada 28 Mei 1991. Meski lahir di Perancis sejatinya Lacazette memiliki akar keluarga Guadeloupean. Orang tuanya kala itu bermigrasi ke Perancis untuk mencari kehidupan yang lebih baik.  

Masa kecil Lacazette  dihabiskan dengan bermain bola. Diketahui,  Lacazette adalah penggemar berat pemain legendaris Arsenal dan timnas Prancis Thierry Henry.  Dari kecintaan  itulah, Lacazette akhirnya  memantapkan diri untuk berkarir sebagai pemain sepak bola profesional.

Untuk menunjang kompetensi dan mengembangkan skil olah bola, Lacazette pertama kali bergabung bersama akademi lokal Perancis, Elan Sportif di tahun 1988. Lacazette kecil menghabiskan waktu lima tahun di sana sebelum akhirnya ia memilih pindah dan bergabung dengan akademi klub Olympique Lyon level junior.

Selang beberapa musim berlalu, skill olah bola Lacazette kecil mulai menemukan kematangan. Hingga akhirnya Lacazette naik level menjadi bagian tim muda Olympique Lyon pada tahun 2003.

Di Olympique Lyon inilah, mimpinya sebagai pesepakbola mulai menemukan titik terang. Lacazette terus bermain impresif Olympique Lyon level muda, pada akhirnya Lacazette digaet manager Claude Puel untuk masuk ke tim utama klub berjuluk Les Gones pada 2010.

Baca juga: Kepa Arrizabalaga, Kiper Termahal Dunia yang Jago Gagalkan Penalti

Debut Bermain di Kompetisi Ligue 1 Prancis

Lacazette memulai debutnya di Ligue1 Perancis kala Olympique Lyon berhadapan dengan Auxerre pada 5 Mei 2010 silam. Berkat permaiananya yang gemilang sebagai pemain debutan, bulan Juli di tahun yang sama dirinya menandatangani kontrak selama tiga musim dengan Olympique Lyon.

Meski tercatat sebagai pemain utama Lyon, tak jarang untuk mendapat menit bermain yang cukup ia juga masih sering dimainkan untuk tim muda Lyon dalam mengarungi berbagai kompetisi. Lacazette baru benar-benar memulai kontrak profesionalnya pada 1 Juli 2011.

Sementara untuk gol perdana Alexandre Lacazette berhasil ia torehkan pada laga melawan Sochaux pada 30 Oktober 2011. Dalam laga tersebut Olympique Lyon sukses mencuri poin dengan kemenangan 2-1. Capaian prestasi Lacazette bersama Les Gones mampu membantu tim menjuarai kompetisi Piala Prancis sekaligus Piala Super Prancis menjadi gelar pertama yang berhasil direngkuh musim 2011/ 12.

Tak berhenti disitu, label seorang bomber yang haus  gol berhasil ia buktikan dengan berhasil menjadi top skor Ligue 1 dan terpilih sebagai UNFP Ligue 1 Player of the Year. Dirinya juga berhasil mencetak rekor baru bersama Lyon setelah mampu menyarangkan sebanyak 26 gol di kompetisi Liga dalam satu musim pada medio 26 April 2015/ 16.

Adapun sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Andre Guy yang sukses mencetak 25 gol pada musim 1968/ 69 silam. Bersama Olympique Lyon, Lacazette telah bermain sebanyak 275 penampilan dan mencetak 129 gol di semua ajang.

Baca juga: Edouard Mendy, Kiper Berprestasi Chelsea Ini Sempat ingin Pensiun Dini

Digaet The Gunners pada Musim Kompetisi 2017/ 18

Melihat potensi luar biasa yang ditunjukkan pria kelahiran 28 Mei 1991 tersebut, Arsenal akhirnya membajak sang pemain yang diproyeksikan sebagai tandem dari Olivier Giroud.  Dengan mahar sekitar 53 juta Euro atau sekitar Rp 848 miliar Arsenal Berhasil mengamankan tanda tangan sang pemain. Dengan tebusan fantastis tersebut menjadikan nama Lacazette tercatat sebagai  sejarah penjualan pemain Olympique Lyon termahal kala itu.

Setelah resmi berseragam meriam London pada 6 Juli 2017, Lacazette memulai debutnya pada 6 Agustus di tahun yang sama. Ketika itu, ia tampil dalam laga kontra Chelsea di ajang Community Shield.  Sementara debutnya bermain di Premier League, Lacazette masuk sebagai pengganti kala The Gunner sukses mengungguli Leicester City dengan skor 4-3.

Musim musim selanjutnya,  Lacazette terus bermain gemilang serta  mampu memberi pengaruh besar bagi lini serang The Gunners. Bahkan banyak para pendukung Arsenal yang menilai Lacazette punya kemiripan dengan legenda mereka,  Thierry Henry karena memiliki penyelesaian akhir yang baik.

Hingga kini selepas hengkangnya Pierre-Emerick Aubameyang  ke Barcelona,  Alexandre Lacazette menjadi andalan Arsenal di lini serang The Gunners dalam mengarungi kompetisi. Total dalam kurun 2017/ 22 Lacazette telah tampil sebanyak 196 kali dengan sumbangan sebanyak 72 gol dan 36 assist untuk The Gunners.

Baca juga: Timo Werner, Striker Chelsea yang Punya Julukan “Turbo Timo”

Leave A Reply

Your email address will not be published.