Berita Nasional Terpercaya

Fakta Eddie Nketiah, Striker Muda Arsenal yang Minim Kesempatan

0

BERNAS. ID – Selain Alexandre Lacazette, masa depan penyerang muda klub Liga Inggris Arsenal, Eddie Nketiah hingga kini  juga masih buntu di Emirates Stadium.  Meski negosiasi kontrak antara pemain dan klub masih berjalan,  pemain kebangsaan Inggris itu  diketahui ngotot ingin cabut dari klub meriam London sebab  tak banyak mendapat menit bermain.

Dilansir dari Sky Sports, keinginan sang pemain untuk cabut dari Arsenal pada bursa transfer musim dingin mendatang atau ketika kontraknya habis pada bulan Juni tahun 2022. Penyerang berusia 22 tahun itu dilaporkan sudah beberapa kali menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan oleh pihak The Gunners.

Baca juga: Fakta Alexandre Lacazette, Penyerang Haus Gol Milik Arsenal

Padahal dalam beberapa pertandingan di kompetisi Piala Liga Inggris, Eddie Nketiah menjadi sosok penting keberhasilan The Gunners lolos ke semifinal, sebelum akhirnya takluk oleh Liverpool 2- 0. Lantas bagaimana sepak terjang Eddie Nketiah dalam karir sepak bolanya?  Mari kita kupas untuk mengenalinya lebih dekat sosok  penyerang muda Arsenal berikut ini.

Daftar Isi :

  1. Tentang Eddie Nketiah
  2. Masa Kecil Eddie Nketiah
  3. Promosi ke Skuad Utama Arsenal
  4. Menjalani Masa Peminjaman di Leeds United
  5. Kembali ke Skuad Utama The Gunners
  6. Karier Internasional

Tentang Eddie Nketiah

Nama Lengkap: Edward Keddar Nketiah

Tempat Lahir : Lewisham, London, Inggris

Tanggal Lahir : 30 Mei 1999

Kebangsaan : Inggris

Agama : Islam

Klub Saat Ini: Arsenal

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 30 Striker

Tinggi Badan : 177 cm

Kekuatan Kaki: Kanan

Instagram: @EddieNketiah9

Baca juga: Profil De Bruyne, Sosok Playmaker Berbakat Manchester City

Masa Kecil Eddie Nketiah

Nketiah Lahir di London dan besar di Lewisham, Inggris pada tanggal 30 Mei 1999 silam dengan nama  lengkap Edward Keddar Nketiah. Meski lahir di Inggris Nketiah memiliki darah keturunan Ghana dari sang ayah Edward Nketiah.        .

Sejak kecil Nketiah  sudah tertarik pada sepak bola. Ia memulai karir sepak bolanya bersama akademi tim London, Chelsea kala usianya masih sembilan tahun.  Tak bertahan  lama di akademi Chelsea tersebut, membuat Nketiah dilepas oleh The Blues  pada tahun 2015. Ia sempat  mencoba peruntungan bermain  untuk tim London Sunday Hillyfielders, akan tetapi  juga tak bertahan lama.

Akhirnya ia memutuskan bergabung dengan Akademi Arsenal dan bermain untuk klub di tingkat pemuda pada musim kompetisi 2016/ 17. Selama musim tersebut, Nketiah mampu membuat 15 gol dalam 16 di ajang kompetisi U-18 yang dijalaninya.  

Baca juga: Profil Fabinho, Si Pemain Serba Bisa Lini Belakang Liverpool

Promosi ke Skuad Utama Arsenal

Penampilan Nketiah terus berkembang hingga naik level ke Arsenal U-23 dengan mencetak 12 gol dalam 26 penampilan. Setelah penampilan apiknya tersebut, Nketiah dipanggil oleh pelatih Arsenal kala itu, Arsene Wenger untuk  turut serta mengikuti perjalanan pra-musim tim senior The Gunners  ke Australia dan Cina.

Nketiah dipanggil lagi ke tim senior pada 28 September 2017. Kali ini ia tampil untuk pertandingan Liga Eropa Arsenal melawan BATE Borisov. Ia tampil sebagai pemain pengganti pada menit ke-89 bagi Joe Willock dalam kemenangan 4-2.

Penampilannya berikutnya datang hampir sebulan kemudian melawan Norwich City di Piala Liga sebagai pemain pengganti pada menit ke-85. Dalam laga itu ia sukses menjadi aktor atas satu gol The Gunners. Gol tersebut cukup mengejutkan bagi seorang debutan. Pasalnya  setelah 15 detik dengan sentuhan pertamanya untuk memastikan kemenangan.

Baca juga: Virgil Van Dijk, Karir Bek Peraih Gelar Pesepakbola Terbaik Eropa

Menjalani Masa Peminjaman di Leeds United

Musim musim selanjutnya, Nketiah kurang mendapat menit bermain skuad utama klub. Akhirnya untuk menambah menit dan pengalaman bermain, Nketiah kemudian dipinjamkan ke klub Championship, untuk bergabung dengan Leeds United pada musim kompetisi 2019/ 20.

Kedatangannya di Leeds United Nketiah memilih mengenakan jersey bernomor punggung 14 sebagai penghormatan kepada salah satu mantan pemain Arsenal, Thierry Henry. Pelatih kepala Leeds kala itu, Marcelo Bielsa menggambarkan Nketiah sebagai salah satu pemain muda berbakat.

Dia melakukan debut untuk klub berjuluk The Peacocks  pada 13 Agustus sebagai starter di Piala EFL melawan Salford City. Di laga tersebut ia juga mencetak gol pertamanya dalam kemenangan 3-0.  Tren bagus yang ditunjukan Nketiah terus berlanjut pada 27 Agustus 2019, ia kembali mencetak gol ketiganya musim tersebut.

Baca juga: Gabriel Jesus, Prestasi dan Perjalanan Karir Lengkapnya

Kembali ke Skuad Utama The Gunners

Total selama bermain bersama Leed United, Nketiah telah tampil sebanyak  19 laga dan  mengemas 5 gol sebelum akhirnya pada Januari 2020 Nketiah ditarik dari masa peminjamannya oleh Arsenal. Disana Nketiah kemudian masuk di starting line up dalam kemenangan Arsenal di putaran keempat Piala FA melawan A.F.C. Bournemouth pada 27 Januari 2020.

Nketiah mencetak gol kedua pertandingan yang dihelat Vitality Stadium dan membawa Arsenal meraih kemenangan 2-1 untuk memastikan The Gunner lolos masuk ke putaran kelima.

Sementara itu,  pasca kembali ke skuad utama Arsenal Nketiah melakukan start Liga Premier di kandang Newcastle United. Hingga kini Eddie Nketiah telah mengemas 18 gol dari 80 penampilanya bersama the Gunners.

Baca juga: Fakta Terkini Jadon Sancho, Karir Pesepak Bola Muda Berbakat MU

Karier Internasional

Nketiah sebenarnya cukup memenuhi syarat untuk bermain dan memilih salah satu dari dua tim nasional yakni Inggris maupun Ghana. Namun Nketiah mantap memilih Timnas Inggris untuk karir sepak bola internasionalnya.

 Nketiah melakukan debut internasional untuk Inggris dimulai di level U18, memainkan pertandingan melawan Arab Saudi pada 22 Maret 2017.  Pemain bertinggi 177 cm tersebut sukses mencetak gol kedua untuk Inggris pada menit ke-58 saat mereka menang 2-0.

Dalam pertandingan selanjutnya ia naik level ke U19, Nketiah bahkan sukses mencatatkan hat-trick saat Inggris menang 4-0 kala menghadapi Qatar. Meski belum masuk di skuad utama The Three Lions, Nketiah sempat menerima panggilan ke tim U21 Inggris oleh manajer Aidy Boothroyd untuk Turnamen Toulon. Hingga kini,  Nketiah tercatat sebagai pemain di timnas Inggris U-21 dan mengoleksi 16 gol dari 17 penampilan di semua kompetisi.

Baca juga: Jadi Pesepak bola Tersebut di Dunia, Ini Catatan Karir CR7

Leave A Reply

Your email address will not be published.