Berita Nasional Terpercaya

4 Trik Bisnis UMKM di Bulan Ramadhan yang Wajib Dijalankan

0

Bernas.id – Menjelang bulan puasa ramadan, akan ada banyak peluang bisnis UMKM musiman yang hadir. Sayangnya, tidak semua pelaku bisnis UMKM bisa melihat celah tahunan ini dengan baik.

Apalagi di tahun 2022, disinyalir akan ada banyak orang yang menjalani aktivitas seperti waktu sebelum pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, Anda perlu melihat sejumlah peluang bisnis di bulan ramadan ini. Dengan ketelatenan dan usaha keras, ide bisnis ini bisa membantu Anda mendapat sumber pemasukan baru selama bulan puasa.

Berikut ini sejumlah trik bisnis bulan puasa ramadan bagi pelaku UMKM untuk menambah pendapatan.

  1. Menyediakan Paket Hampers
  2. Membuat Produk Makanan yang Sedang Tren di Bulan Puasa
  3. Berikan Promo Khusus Menjelang Ramadhan dan Hari Raya
  4. Beriklan di E-commerce dan Media Sosial

Baca juga: 3 Ide Bisnis Kecil di Masa New Normal 2022: Gabungan Online dan Offline 

 

1. Menyediakan Paket Hampers

Memasuki bulan ramadhan dan hari raya idul fitri, akan ada banyak orang yang memberikan paket kado hampers. Peluang bisnis hampers ini masih jarang dilirik pelaku bisnis UMKM. Mungkin karena sudah merasa stabil dengan penjualan produknya, sehingga tidak menawarkan paket hampers ramadan.

Padahal, bila pelaku bisnis memberikan opsi paket kado hampers maka akan terjadi kenaikan value produk dan lebih mudah menarik minat konsumen. Sebagai contoh mudahnya adalah UMKM kuliner yang menyediakan paket hampers menu buka puasa. Atau UMKM produk fashion menyediakan paket kado gamis dan baju koko.

2. Membuat Produk Makanan yang Sedang Tren di Bulan Puasa

Pada umumnya, umat Islam yang menjalankan puasa punya keinginan untuk mengonsumsi makanan enak di waktu berbuka. Oleh karenanya, Anda bisa menyediakan berbagai jenis makanan enak dan yang merangsang orang untuk membelinya.

Salah satu trik di bisnis UMKM kuliner adalah menyediakan makanan yang tren atau sedang viral. Umumnya, di bulan ramadan ada sejumlah makanan yang jadi makanan khas buka puasa. Ada juga makanan yang jadi tren karena sedang viral di media sosial. Anda bisa menjual kedua jenis makanan tersebut.

Sebagai contoh, Anda bisa menjual kurma d

Leave A Reply

Your email address will not be published.