Berita Nasional Terpercaya

7 NFT Ini Bantu Warga Ukraina Selama Perang

0

Bernas.id – Konflik yang sedang berlangsung di Ukraina telah menghancurkan ekonomi negara tersebut. Mata uang kripto memiliki peran penting dalam ekonomi Ukraina di tengah invasi Rusia.

Donasi untuk warga Ukraina dikumpulkan dengan mata uang kripto, seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). Per data AML SlowMist, donasi terkait kripto ke Ukraina mencapai hampir USD 77 juta (sekitar Rp1,1 triliun dengan kurs Rp 14.304 per USD) pada pekan ini, dari USD 69 juta (Rp 987 miliar) dalam seminggu yang lalu. Sedangkan sumbangan dari NFT CryptoPunk #5364 senilai sekitar $230.000 (Rp3,29 miliar). Tidak hanya itu, penggunaan aset kripto untuk mengumpulkan donasi bagi para pengungsi dan rakyat Ukraina juga dilakukan dalam bentuk proyek NFT (non-fungible token)

Baca juga: 14 Istilah Cryptocurrency Penting bagi Investor Pemula

Sering diejek sebagai tidak berharga, NFT sekarang menunjukkan tujuan nyata dengan mengumpulkan uang yang sangat dibutuhkan untuk amal. Teknologi baru dari token yang tidak dapat dipertukarkan ini telah mendobrak dunia seni sebagai cara baru untuk jual beli. Biasanya, NFT digunakan untuk menjual barang-barang koleksi seperti karya seni. 

Kemampuannya untuk mengumpulkan uang dengan cepat dan secara terbuka di blockchain di mana setiap orang dapat melacak ke mana dana tersebut pergi terbukti penting untuk digunakan sebagai alat untuk bertransaksi amal.
 
Pemerintah Ukraina memiliki rencana untuk meluncurkan proyek NFT sendiri untuk mengumpulkan uang dan bantuan bagi rakyatnya.
Ini akan dibuat dari seni yang mewakili berita tentang invasi Rusia. Menurut Wakil menteri transformasi digital Ukraina, Alex Bornyakov, koleksi NFT ini seperti bentuk museum digital perang antara Rusia dan Ukraina.

Di bawah ini adalah proyek-proyek NFT yang dibuat untuk mengumpulkan uang untuk tujuan baik dan membantu warga Ukraina yang menderita. Uang yang terkumpul akan digunakan untuk makan siang kemasan, obat-obatan dan perlengkapan lainnya untuk angkatan bersenjata. 

Baca juga: 4 'Ethereum Killer' Ini Wajib Dipantau Investor Crypto

Beberapa NFT di bawah ini menggalang dana khusus untuk warga sipil dan pengungsi, dilansir di CreativeBloq dan berbagai sumber:

Daftar Isi :

  1. CryptoPunk
  2. Vandalz for Ukraine
  3. Forza Ikonia
  4. ArtWarks Ukraine
  5. UkraineDAO
  6. Waone Interesni Kazki
  7. Holy Water

 

 

1. CryptoPunk

CryptoPunk #5364 dari koleksi CryptoPunk ikonik telah disumbangkan oleh pemilik anonim untuk mendukung upaya bantuan yang sedang berlangsung di Ukraina. CryptoPunk dikirim ke alamat Ethereum resmi pemerintah Ukraina, sebagai NFT paling bergengsi yang akan disumbangkan ke Ukraina sejak negara tersebut secara resmi meminta bantuan dari publik.

Sulit untuk memastikan berapa harga jual CryptoPunk NFT, melihat harga dasar koleksi seperti yang terlihat di platform Larva Labs dipatok pada 68,9 ETH ($206.704,83 atau Rp 2,96 miliar). Tom Robinson dari perusahaan tracing kripto Elliptic adalah salah satu orang pertama yang melihat CryptoPunk di dompet Ukraina, dan dia memperkirakan harganya sekitar $200.000 atau Rp 2,86 miliar.

Nilai CryptoPunk yang disumbangkan dipatok sedikit lebih tinggi pada 79,2 ETH senilai sekitar $237.570 Rp 3,4 miliar dengan harga Ethereum $2999,63 atau Rp 42,9 juta. Prediksi harga NFT CryptoPunks dibuat oleh DeepNFTvalue, sebuah blog yang menggunakan pembelajaran mesin untuk memperkirakan harga NFT langka.

Sementara donor CryptoPunk #5364 tetap anonim, pemiliknya, per detail dari transaksi alamat dompet terkait menunjukkan bahwa NFT terkait lainnya telah dikumpulkan di masa lalu. NFT yang disumbangkan diperoleh kembali pada Februari 2021 dengan harga $31.300 (Rp Rp 447,7 juta) dan nilainya telah tumbuh luar biasa selama setahun terakhir.

Baca juga : Begini Peran Cryptocurrency Dalam Konflik Rusia dan Ukraina

2. Vandalz for Ukraine

Petinju ikonik Wladimir Klitschko, saudara walikota ibukota Kyiv, Vitali Klitschko, adalah orang di balik koleksi NFT yang dibuat untuk mengumpulkan uang guna membantu rakyat Ukraina. Disebut 'Vandalz for Ukraine': WhIsBe x Wladimir Klitschko koleksinya tersedia di pasar NFT OpenSea. Semua hasil dari penjualan NFT ini akan disumbangkan ke Palang Merah Ukraina dan UNICEF. Biaya NFT ini mulai dari ETH 0,04 (USD 104 atau Rp 1,5 juta).

3. Forza Ikonia

Forza Ikonia mengumpulkan uang untuk berbagai badan amal yang membantu di Ukraina, termasuk Doctors Without Borders dan Amnesty International. Inkubator dan platform NFT yang berbasis di Kyiv dan Gothenburg ini meluncurkan proyek NFT Stand With Ukraina, yang terdiri dari 43.287.512 edisi karya seniman Felipe Posada. Jumlah edisi mewakili setiap warga Ukraina.

Setiap edisi Stand With Ukraina dijual seharga $10 / Rp 143 ribu, dan 100% dari semua penjualan disumbangkan ke badan amal pilihan platform. Mereka dapat dibeli dengan kartu kredit atau debit, jadi meskipun Anda baru mengenal NFT, itu mudah. Sampai saat ini Forza Ikonia telah mengumpulkan lebih dari $264,000 (sekitar Rp 3,8 miliar) dan penjualan sekunder juga disumbangkan untuk amal, yang berarti NFT ini akan terus mengumpulkan dana.

Baca juga: Crypto Dalam Tren Penurunan, Investor Waspadai Crypto Winter

4. ArtWarks Ukraine

Proyek NFT ArtWaRks Ukraine telah disatukan oleh sekelompok pengusaha IT Ukraina, sejarawan seni, seniman, dan pencipta media dengan tujuan untuk mengumpulkan uang untuk bantuan amal bagi warga sipil dan militer Ukraina. Proyek ini ada di OpenSea, dan harga mulai dari ETH 0,07 ($ 182 / Rp 2,6 juta).

Ada seni dari mantan Menteri Kebudayaan dan Olahraga Vladimir Borodyansky, pengusaha IT Ruslan Nonka, salah satu pendiri Museum Seni Kontemporer LSM Yulia Gnat dan Olga Balashova, dan banyak seniman Ukraina lainnya. Seni ini mewakili delapan tahun perang di Ukraina.

5. UkraineDAO

Penggalangan dana UkraineDAO telah dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan uang untuk krisis kemanusiaan dunia saat ini. Ini didukung oleh Nadya Tolokonnikova, anggota kelompok aktivis Rusia Pussy Riot, dan telah mengumpulkan lebih dari $6,75 juta (sekitar Rp 96,5 miliar) dari tanggal 26 Februari sampai 2 Maret untuk mendukung militer Ukraina sejak diluncurkan.

NFT dari bendera nasional Ukraina memungkinkan pembeli untuk memiliki sepotong gambar digital. Semua keuntungan dari penjualan NFT masuk ke kampanye 'Come Back Alive' yang dibentuk untuk membantu pertahanan Ukraina.

Kontribusi ke Ukraina DAO datang dari sumber yang tidak terduga, termasuk situs dewasa OnlyFans, yang pada 27 Februari mengirim 500 ETH dari alamat only.eth (sekitar $1,41 juta atau Rp 20,17 miliar) ke Ukraina DAO, menurut pelacak blockchain Etherscan. Organisasi tersebut mengatakan bahwa semua yang menyumbang akan mendapatkan “POAP”—sebuah NFT yang dimaksudkan untuk menunjukkan peristiwa penting dalam hidup.

Baca juga: Inilah Sanksi Ekonomi Rusia dari Dunia Internasional, Efektifkah?

6. Waone Interesni Kazki

Seniman surealis Waone Interesni Kazki adalah salah satu seniman paling terkenal di Ukraina dan kustodinya, A Gallery, dari karyanya menjual NFT lukisan seniman paling terkenal untuk mendukung rakyat Ukraina. Sebanyak 50% dari uang yang terkumpul akan digunakan untuk mendanai pertahanan Ukraina dan pasokan medis melalui badan amal perang Ukraina.

Targetnya adalah mengumpulkan $7.000 (sekitar Rp 100,8 juta) dari NFT lukisan seperti The Seed of a Good Idea, Beta to Alpha Transition dan Prisoned Mind. Ini adalah NFT edisi 1/1, dan saat ini masing-masing dijual dengan harga sekitar $290 (sekitar Rp 4,2 juta).

7. Holy Water

Lebih dari 500 seniman Ukraina telah berkumpul untuk mengirimkan karya seni ke koleksi NFT baru yang dijual melalui Holy Water (60% dari tim pasar tinggal di Kyiv) untuk mengumpulkan uang bagi rakyat Ukraina. Para seniman mewakili beberapa galeri terbesar di Ukraina, termasuk Port Agency, IZOLYATSIA dan Ugallery.

Selain menerima karya seni dari para profesional, kolase NFT seperti Beeple akan menampilkan karya seni yang dibuat oleh anak-anak di tempat perlindungan bom. Setiap NFT akan memiliki tawaran awal 0,08 Ethereum ($235 / £170). Tujuannya adalah untuk mengumpulkan setidaknya $ 1 juta (sekitar Rp 14,4 miliar).

Ada lebih banyak kampanye NFT yang muncul setiap hari, dan pemerintah Ukraina akan meluncurkan koleksi NFT sendiri untuk mengumpulkan uang. Dengan begitu banyak yang terjadi, pendiri bursa kripto Ukraina, Kuna, menciptakan cara untuk menyumbang secara langsung, sementara seniman pan_danil meluncurkan ruang Twitter untuk mengatur kampanye dan donasi.

Baca juga: Tertarik Berinvestasi di NFT? Coba 5 Game Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.