Berita Nasional Terpercaya

4 Peluang Bisnis Digital Printing Selama Ramadhan, Cocok untuk UMKM Baru

0

Bernas.id – Ramadhan menjadi bulan yang paling menyenangkan bagi para pelaku UMKM yang ingin menghasilkan pendapatan tambahan. Apalagi ditambah kehadiran momen Idul Fitri yang mampu meningkatkan pendapatan hanya dalam waktu beberapa hari.

Peluang bisnis di bulan ramadan sebagian besar merupakan bisnis musiman. Oleh karena itu, setelah Ramadhan, kemungkinan besar Anda tidak dapat melanjutkan bisnis karena dirasa sudah tidak relevan lagi. Misalnya bisnis kue lebaran, amplop atau petasan.

Kabar baiknya, ada peluang bisnis yang bisa dimulai di bulan puasa, sifatnya musiman, akan tetapi dengan sedikit konsistensi, ia tetap relevan sampai kapan pun. Tentu saja akan ada perbedaan jumlah transaksi di saat bulan Ramadhan dengan bulan-bulan lain. Akan tetapi, dengan praktik digital marketing yang tepat, bisnis rintisan baru Anda ini bisa berjalan sepanjang tahun.

Baca juga: 4 Ide Bisnis UMKM Kuliner Menjelang Bulan Puasa yang Tidak Biasa

Peluang bisnis yang dimaksud di atas adalah bisnis cetak digital. Mari membahasnya satu per satu jenis usaha macam apa yang bisa dijalankan di sektor digital printing.

  1. Bisnis Pembuatan Kartu Ucapan
  2. Bisnis Stiker
  3. Bisnis Doorgift
  4. Bisnis Photobooth
  5. Catatan Penting 

 

 

Bisnis Pembuatan Kartu Ucapan

Bisnis kartu ucapan bukanlah sesuatu yang baru, bahkan bisnis ini sudah berjalan lama. Semakin berkembangnya teknologi, kartu ucapan tidak punah dan justru masih tetap relevan di bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Kartu ucapan masih bisa digunakan sebagai untuk kebutuhan mengucapkan undangan, ucapan selamat ulang tahun, ucapan Idul Fitri, ucapan selamat menjalankan Ramadhan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Trik Bisnis UMKM di Bulan Ramadhan yang Wajib Dijalankan

Bisnis Stiker

Saat menjalankan usaha stiker, target pasar Anda adalah perusahaan-perusahaan yang sedang menjalankan praktik pemasaran. Karena stiker memang sangat cocok untuk berbagai jenis praktik promosi offline. Seperti untuk ditaruh di toples kue lebaran, di parcel, atau di kemasan produk tertentu. 

Oleh karena itu, saat menjalankan bisnis stiker, maka Anda perlu menjalankan praktik digital marketing dahulu untuk menjaring konsumen. Alasannya karena Anda perlu membuat stiker yang sesuai dengan order konsumen.

Bisnis Doorgift

Doorgift menjadi pilihan utama untuk diberikan kepada para tamu dalam berbagai acara. Sebagai pelaku bisnis, Anda bisa menawarkan berbagai jenis doorgift untuk berbagai jenis kebutuhan. Sebagai contoh, doorgift untuk acara buka puasa bersama tentu berbeda dengan doorgift untuk acara rapat.

Sejumlah contoh doorgift yang bisa Anda tawarkan adalah mug, mangkok kecil, atau kue lebaran di dalam toples. Ketiga contoh doorgift tersebut bisa ditempelkan lg ata gambar tertentu sesuai keinginan klien.

Baca juga: Raup Laba Bisnis Lebih Besar dengan Miliki Website Sendiri, Ini Caranya

Bisnis Photobooth

Photobooth untuk acara ramadhan dan hari raya akan mengesankan tamu. Karena akan ada banyak keseruan dan kesenangan bagi tamu undangan. Karena itu, Anda bisa menjadikan bisnis photobooth ini jadi peluang bisnis. Photobooth sangat cocok untuk acara reuni keluarga, pernikahan, buka bersama, dan lain sebagainya.

Photobooth yang Anda tawarkan bisa menjadi ikon acara tersebut. Modal yang diperlukan untuk membuat photobooth juga tidak besar. Artinya, Anda bisa menawarkan produk ini ke berbagai jenis audiens dengan harga murah. 

Catatan Penting 

Bisnis selama bulan puasa di atas memiliki sejumlah kesamaan yang perlu Anda perhatikan sebelum memulainya. Kesamaan itu adalah:
1. Produk yang dipersonalisasi. Sehingga, Anda tidak bisa membuat produk sebelum bertemu klien. Bagaimana pun juga, Anda harus mendapatkan klien terlebih dahulu dan membuat design produk sesuai keinginan klien.
2. Untuk bisa mendapatkan klien, Anda perlu menjalankan praktik pemasaran. Salah satu jenis pemasaran efektif dan hemat biaya adalah digital marketing. Anda bisa membaca ulasannya di artikel berjudul Panduan Lengkap UMKM Mengembangkan Digital Marketing Hemat Biaya.
3. Bisnis-bisnis di atas tetap bisa dijalankan setelah bulan Ramadhan dan hari raya berakhir.

Leave A Reply

Your email address will not be published.