Berita Nasional Terpercaya

TPA Piyungan Ditutup Hari Ini Sampai Minggu

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – TPA / TPST Piyungan bakal mulai ditutup mulai hari ini, Jumat (17/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022). TPA Piyungan ditutup melalui surat bernomor 658/09735 Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY. Penutupan sementara TPA yang menampung sampah dari warga Kota Jogja, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul tersebut dikarenakan adanya perbaikan akses jalan hingga menyiapkan area lahan bongkar muat sampah.

“Sehubungan dengan kondisi area bongkar sampah yang sudah penuh maka perlu dilaksanakan penataan sampah, membuat akses jalan dan menyiapkan area lahan bongkar sampah, ujar Kuncoro Cahyo Aji, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY lewat pemberitahuan tertulis.

Baca juga: TPST Piyungan Ditutup, Sampah di Kota Jogja Membludak

Sementara itu, Petugas TPS di dekat Stadion Mandala Krida, Ardi mengatakan pada malam Kamis (17/3/2022) pihaknya masih bisa mengirim sampah ke TPST Piyungan. Namun menjelang sore kemarin, pemberitahuan penutupan TPA Piyungan itu muncul. 

“Iya ditutup sampai 20 Maret nanti, kita juga tidak tahu apakah Senin langsung dibuka lagi atau diperpanjang,” kata dia. 

Ia meneruskan, untuk sementara warga bisa menyimpan dahulu sampah di rumahnya. Namun petugas masih mengizinkan warga membuang sendiri ke TPS setempat. 

“Jadi yang bentuknya gerobak yang biasa mengambil  ke rumah-rumah itu yang tidak boleh. Kalau hari pertama ini masih biasa, biasanya hari terakhir itu sampah pasti mbludak,” ujar dia. 

Baca juga: Pembebasan Lahan TPST Piyungan Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Dalam sehari, lanjut Ardi ada 4 truk yang mengangkut sampah ke TPST Piyungan. Satu truk tersebut berkapasitas 5 ton sampah. Sehingga dalam 3 hari ke depan Ardi membayangkan bakal banyak sampah yang harus dikirim ketika TPST Piyungan dibuka. 

“Pasti bakal banyak sekali sampah yang kita kirim. Kita juga belum tahu alasan penutupan di sana karena apa, jadi kami hanya menunggu saja,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.