Berita Nasional Terpercaya

Sleman Kini Memiliki Desa Wisata Kuliner

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Keberadaan makanan khas yang unik menjadi salah daya tarik wisatawan untuk datang. Hal inilah yang ditangkap kelompok sadar wisata (pokdarwis) Pokoh, Kalurahan Banyurejo, Tempel, Sleman.

Pokdarwis Pokok bekerjasama dengan Paguyuban Aku Wong Sleman (AWS) telah mendorong para pelaku UMKM khususnya di bidang kuliner untuk mewujudkan Desa Wisata Kuliner Pokoh.

Baca Juga Desa Wisata Mulai Perlahan Bangkit dengan Tak Kendor Prokes

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan, beragamnya produk olahan makanan disertai pemanfaatan platform digital untuk memasarkan produk menjadi tantangan tersendiri. Pelaku UMKM dan pengelola wisata kuliner, khususnya di Sleman perlu menjawab tantangan itu dengan terus kreatif dan berinovasi.

“Tantangan untuk terus kreatif dalam melakukan inovasi baik dari penyesuaian selera dengan konsumen maupun inovasi pemasarannya,” tuturnya dalam pembukaan Desa Wisata Kuliner Pokoh, Minggu (20/3/2022).

Baca Juga Wisata Kuliner 100 Persen Terapung di Danau Hadir di Sleman

Danang juga menyebut Desa Wisata Kuliner Pokoh menjadi upaya nyata dalam menjawab tantangan di tengah perkembangan produk olahan makanan, pariwisata, dan dunia digital. Konsep pasar rakyat yang dikolaborasikan dengan sektor wisata juga menjadi inovasi yang dapat menjadi daya tarik. 

“Makanan khas menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Pokoh. Wisata kuliner Pokoh dapat menangkap peluang dengan menyajikan kuliner lezat sekaligus menawarkan lokasi dengan suasana yang nyaman,” pungkasnya. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.