Berita Nasional Terpercaya

Melalui Minyak Telon, UMKM Yogyakarta Berhasil Meraih Rekor Dunia

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID –  Minyak telon merupakan produk lokal yang sering digunakan oleh ibu-ibu untuk menghangatkan badan. Minyak telon sendiri diambil dari bahasa Jawa yaitu telu yang berarti 3, hal ini karena minyak telon memiliki 3 kandungan minyak, yaitu minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa. Namun siapa sangka minyak telon kini diakui oleh dunia.

Novita Angraeni dan Nur Rokhma Azizah berhasil menginovasi minyak telon dengan aroma kekinian. Pasangan alumni UGM ini memadukan aroma minyak telon dengan aroma teh dan aroma bunga. Dengan jumlah total 30 varian, produk minyak telon yang diberi nama Habbie ini berhasil memecahkan rekor dunia dan dinobatkan sebagai “Minyak Telon dengan Varian Aroma Terbanyak” oleh MURI pada 4 Maret 2022 di Semarang.

Produk yang dinilai sebagai obat tradisional yang berasal dari Yogyakarta ini telah berhasil menggaet ibu-ibu milenial yang pada umumnya tidak begitu suka aroma khas dari minyak telon. “Minyak telon merupakan local wisdom yang sudah ada sejak lama di Indonesia tetapi dari perspektif kami ibu-ibu milenial kurang menyukai aroma minyak telon pada umumnya, sehingga tujuan yang pertama untuk inovasi yang kedua bertujuan sebagai pengganti parfum yang sebenarnya tidak baik untuk kulit karena kandungan alkohol di dalamnya. Kami melihat telon ini dengan aromatic sebagai pengganti parfum yang aman. Sehingga tidak hanya digunakan bayi, orang tua tetapi juga yang lain,” kata Novita lewat rilis berita, Senin (21/3/2022).

Baca juga: 5 Perlengkapan Wajib Menjelang Persalinan

Penjualan minyak telon Habbie sendiri saat ini telah dapat ditemui di seluruh Indonesia. Pembelian produk Habbie ini pun sudah diminati tidak hanya di Indonesia bahkan hingga manca negeri.

Tentang Habbie

Habbie Aromatic Telon Oil adalah perusahaan yang bernaung di bawah PT. Habbie Bangun Aromatik berdomisili di Yogyakarta. Habbie hadir untuk wanita dan anak-anak sejak tahun 2019. Habbie merupakan satu-satunya merek minyak telon produk lokal Indonesia yang memiliki varian terbanyak di dunia.

Habbie merupakan produk perawatan bayi lokal yang dikemas sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan ibu dan anak. Selain itu, Habbie juga memiliki keunikan selain manfaatnya sebagai minyak telon aromatik, yang dapat digunakan sebagai parfum oleh sebagian orang dewasa karena aromanya yang sangat beragam.

Baca juga: Tenaga Medis dan Aparat Keamanan di Jogja Mendapat Bantuan Minyak Kayu Putih Berkualitas

Pada tahun 2021, Habbie telah mencapai pertumbuhan sebesar 38,26% dengan omset tim sebesar 48,80% dengan total botol yang terjual per tahun hingga 500.000 botol menunjukkan bahwa habbie akan tumbuh dari tahun ke tahun. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.