Berita Nasional Terpercaya

Cara Menulis Artikel dengan Baik dan Benar

0

Bernas.id – Penyampaian informasi atau pengetahuan tidak akan pernah lepas dari aktivitas menulis. Saat ini, penulisan informasi melalui artikel menjadi daya tarik tersendiri karena isinya singkat dan informatif. Cara menulis artikel dengan baik dan benar pun menjadi syarat utama agar informasi yang disampaikan dapat dipercaya.

Menulis artikel dapat Anda lakukan melalui karya tulis berupa artikel ilmiah, artikel opini, artikel berita, artikel bisnis, dan masih banyak artikel populer lain seperti blog. Setiap artikel memiliki sasaran pembaca tersendiri sesuai dengan konten yang Anda tulis.

Sebelum mulai menulis artikel, akan lebih bijak apabila Anda mempelajari terlebih dahulu beberapa tentangnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang artikel, jenis artikel, dan bagaimana cara membuat artikel berkualitas dan menarik.

Baca juga: Bagaimana Menulis Biodata Narasi yang Berkesan bagi Penulis Pemula?

Apa Itu Artikel?

Artikel adalah berupa esai yang ditulis berdasarkan fakta-fakta dan ide-ide untuk dipublikasi di majalah, koran, buletin, blog, dan media lainnya dengan tujuan mendidik, meyakinkan, dan menghibur. Panjang teks atau jumlah kata di dalam artikel bervariasi sesuai dengan kebutuhan pembaca atau kapabilitas penulis.

Anda dapat melihat begitu banyak artikel yang membahas tema-tema tertentu mulai dari berita, bisnis, politik, pendidikan, olahraga, hingga hiburan yang sangat menarik baik di media cetak ataupun media digital. Selain itu, bahasa dalam artikel pun disesuaikan dengan target pembacanya, termasuk penggunaan sapaannya.

Baca juga: Beasiswa Calon Pengusaha Universitas Mahakarya Asia

Jenis-jenis Artikel

Sebelum membuat artikel, mengenali jenis-jenis artikel dapat menambah wawasan Anda dalam menulis karya tulis yang satu ini. Anda dapat mempelajari beberapa jenis artikel berikut ini untuk memperkaya wawasan penulisan

1. Artikel Narasi

Jenis artikel narasi merupakan tulisan yang berisi cerita sehingga akan menyuguhkan konflik dan alur kejadian (kronologi) sehingga mampu menarik minat pembaca. Artikel ini akan disertai waktu yang runut-runut untuk menjelaskan suatu periswita.

Artikel cerita ini juga akan menceritakan tokoh atau subjek yang sedang mengalami masalah dan konflik yang sedang dihadapi. Pembaca akan disuguhkan tokoh yang sedang mengalami masalah dengan beberapa kejadian atau situasi yang disertai waktu terjadinya.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

2. Artikel Deskripsi

Jenis artikel deskripsi merupakan suatu tulisan yang berusaha mengambarkan suatu keadaan dan mengajak panca indra pembaca untuk merasakannya. Ketika Anda membaca artikel ini seakan-akan suasana yang terjadi di dalam artikel tergambar jelas dan dirasakan oleh setiap panca indra.

Untuk menghasilkan tulisan artikel deskripsi yang menarik, Anda harus pandai mengajak pembaca melalui tulisan untuk melihat, mendengar, meraba, mencium, dan bahkan mengecap suatu kondisi seakan-akan mereka sedang mengalaminya sendiri.

Selain itu, Anda perlu menghindari memasukkan opini pribadi di dalam artikel deskripsi karena tidak sesuai dengan fungsinya. Artikel ini adalah menjadikan penulis sebagai pelukis yang melukis apa adanya tanpa menambahkan sesuatu.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

3. Artikel Argumentasi

Jenis artikel argumentasi adalah karya tulis yang berisi pendapat seseorang, lembaga, atau organisasi tertentu dan menyuguhkan data-data valid untuk meyakinkan pembaca. Setiap pendapat berisi opini yang dapat dipertanggujawabkan.

Penulis akan menyampaikan pendapat individu atau kelompok ke dalam artikel ini. Artikel menyajikan pendapat ini mengharuskan penulis untuk benar-benar menguasai tema yang akan dibahas. Ditambah lagi, kebiasaan sering membaca tema terkait juga menjadi syarat wajib agar setiap tulisan berbobot dan tidak datar karena minimnya informasi.

Baca juga: Tips Mencari Inspirasi Menulis di Masa Pandemi Covid-19.

4. Artikel Persuasi

Artikel persuasi memang sangat cocok digunakan untuk membujuk pembaca untuk mengubah atau melakukan sesuatu. Bisa dibilang artikel persuasi adalah artikel bujukan. Pasalnya, artikel ini berisi kata-kata motivasi atau bujukan agar orang bertindak mengikuti arahan penulis.

Di samping itu, artikel persuasi juga sangat membantu para pebisnis, pedagang,  psikolog, konsultan, terapis, pengambil kebijakan, agamawan, dan siapapun  yang berniat menggiring masyarakat untuk rela menerima apa yang ditawarkan.  Gaya penulisan di dalam artikel persuasi yang baik akan benar-benar membuat pembaca yakin dan tergerak melakukan sesuatu.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

5. Artikel Eksposisi

Jenis artikel eksposisi dapat dengan mudah Anda temukan ketika sering membaca penjelasan dan uraian tentang tema tertentu. Artikel ini berusaha memberikan informasi berupa definisi, fungsi, jenis-jenis, contoh, dan cara mengatasi sesuatu.

Ketika membaca artikel eksposisi, maka artikel ini akan menyajikan tulisan yang terdiri dari poin-poin, urutan tahapan atau urutan langkah, dan bahkan opini penulis. Namun, tidak semua artikel eskposisi menyuguhkan tulisan berisi opini tertentu dari penulis.

Baca juga: Interpretasi: Pengertian, Tujuan, dan Macam-macamnya 

6. Artikel SEO (Search Engine Optimation)

Artikel SEO merupakan artikel yang ditulis dengan kaidah tertentu agar memudahkan pembaca untuk mencarinya di mesin pencari online (search engine). Media penulisan dan publikasi artikel SEO adalah berupa blog atau website.

Anda dapat menulis artikel SEO sesuai dengan jenis artikel yang ingin disampaikan. Nantinya, artikel ini akan diposting melalui website dan diindex pada mesin pencarian. Setiap penulis SEO berharap agar tulisan mereka ditampilkan di halaman pertama di laman mesin pencarian untuk menjangkau sebanyak mungkin pembaca.

Baca juga: Cara Efektif Jaga Konsistensi Menulis dengan Gabung di Komunitas.

Cara Menulis Artikel dengan Baik dan Benar

Kini Anda telah mengetahui jenis-jenis artikel dan media yang akan digunakan. Selanjutnya, Anda harus mulai menemukan ide untuk menulis artikel yang berkualitas dan disukai pembaca.

Berikut ini ada 9 langkah mudah yang dapat Anda ikuti untuk menulis artikel yang baik dan benar agar pembaca menyukainya.

1. Menentukan Tema Artikel

Menentukan tema artikel tidak sekedar asal memilih secara spontan. Sebaiknya, Anda telah memahami tema yang akan disampaikan kepada pembaca dan mempertimbangkan karakteristik pembacanya.

Pada langkah ini Anda juga akan memiliki kata-kata sapaan kepada pembaca apabila diperlukan. Kata sapaan ini cukup bermanfaat untuk memberikan kesan akrab kepada pembaca artikel Anda.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

2. Menyempurnakan Konten Artikel yang Ada

Bukan suatu rahasia lagi bahwa tidak ada konten artikel yang benar-benar murni. Setiap penulis membutuhkan informasi untuk diolah menjadi tulisan baru. Sumbernya pun bermacam-macam mulai dari artikel surat kabar, majalah, buku, atau media online.

Untuk membuat artikel yang berkualitas, Anda harus mampu menyempurnakan tulisan Anda menjadi lebih baik dan informatif dibandingkan artikel lainnya. Ini akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi pembaca yang berpotensi untuk memprioritaskan artikel Anda untuk mereka baca.

Baca juga: Teks Eksplanasi Adalah Kalimat Penjelasan, Benarkah? Ini Pengertian dan Ciri-cirinya!

3. Menulis Artikel yang Simpel dan Padat

Artikel bukanlah buku bacaan yang terdiri dari beberapa bab. Artikel merupakan tulisan pendek yang informatif bagi pembaca yang diharapkan dalam waktu singkat membuat mereka mengerti dan memahaminya.

Sebaiknya, Anda menyiapkan draft yang menyajikan informasi padat dan mudah dipahami oleh pembaca. Tidak perlu menggunakan bahasa yang bertele-tele karena dinilai terlalu panjang dan akan menyita lebih banyak waktu bagi pembaca.

Baca juga: Jangan Sembarangan Menulis Buku Non Fiksi, Sebaiknya Ikuti Langkah-langkah Ini.

4. Menyajikan Tulisan yang Solutif dan Spesifik

Jangan sampai Anda membuat artikel terkesan datar dan membahas banyak hal sehingga tidak memberikan jawaban yang spesifik sesuai keinginan pembaca. Artikel yang pembahasannya terlalu melebar akan membuat pembaca membutuhkan waktu yang lebih lama dan berpotensi tidak memberikan pengalaman membaca yang berkesan.

Sajikan tulisan artikel yang secara spesifik memberikan jawaban untuk mengatasi permasalahan pembaca. Secara tidak langsung, artikel seperti ini akan memberikan jawaban yang lebih detil dan menyeluruh kepada pembaca dan lebih mudah dipahami.

Baca juga: 9 Jenis Teks yang Ada dalam Karya Tulis

5. Menulis Judul Artikel dengan Jelas

Menggunakan judul yang provokatif memang dibutuhkan untuk menumbuhkan rasa penasaran bagi pembaca. Hanya saja, Anda juga harus menyajikan judul yang jelas agar pembaca mengerti konten yang akan disajikan. Kejelasan judul artikel juga mampu membuat pembaca lebih memilih artikel Anda untuk segera dibaca.

6. Menulis Paragraf Pembuka

Pembaca artikel Anda adalah manusia yang memiliki emosi dan terkadang membutuhkan basa-basi sebelum membaca. Ini akan memberikan waktu sebelum pembaca masuk ke dalam pembahasan konten yang lebih serius di dalam artikel.

Selain itu, paragraf pembuka juga berfungsi untuk memberikan kesesuaian masalah dan janji penulis berupa solusi kepada pembaca terkait informasi yang disajikan. Solusi tersebut akan digunakan pembaca untuk menyelesaikan atau menjawab pertanyaannya.

Baca juga: Teknologi Bot Menulis untuk Mengerjakan PR: Pinter Murid atau Guru? 

7. Menambahkan Foto Artikel

Artikel merupakan tulisan yang membutuhkan data atau fakta untuk memberikan informasi yang valid. Untuk mendukung informasi yang disajikan, Anda sangat disarankan melengkapi artikel dengan gambar untuk meyakinkan pembaca.

Apabila Anda ingin menulis artikel SEO, penambahan video juga dapat memberikan kesan baru kepada pembaca. Tidak semua pembaca mau berlama-lama membaca tulisan di artikel. Pembaca tertentu akan lebih nyaman ketika dapat menonton video tentang peristiwa terkait, tutorial, atau imbauan.

Baca juga: Mengenal Teks Fiksi dan Nonfiksi dengan Benar

8. Menyertakan Sumber Informasi

Hargailah setiap informasi yang mampu memperkaya isi dan meningkatkan kualitas artikel Anda. Salah satunya dengan menyertakan sumber informasi baik tulisan maupun gambar yang ada di dalam artikel.

Selain untuk menghargai karya orang lain, penyertaan sumber seperti referensi juga akan menambah kepercayaan pembaca terhadap artikel Anda. Pembaca akan merasa nyaman dari kekhawatiran membaca artikel hoax.

Baca juga: Mengenal Teks Narasi Hingga Cara Menulisnya

9. Baca Ulang dan Revisi

Sebagai penulis sangat wajar apabila dalam proses penulisan terdapat kekeliruan seperti huruf, tanda baca, dan lain-lain. Dengan membaca ulang artikel Anda sebelum diterbitkan akan menghindarkan diri dari kesalahan yang akan mengurangi kepercayaan pembaca.

Lakukanlah revisi dan teliti kembali setiap kata dan kalimat telah ditulis dengan benar. Semakin Anda teliti dan melakukan penyempurnaan melalui revisi, maka artikel akan menjadi bacaan yang dapat dipercaya dan disukai pembaca.

Itulah beberapa penjelasan tentang jenis-jenis dan bagaimana cara menulis artikel yang baik. Langkah-langkah di atas akan memudahkan dan meningkatkan kualitas artikel yang sedang Anda tulis. Selamat menulis!

Baca juga: 7 Cara Lolos Menulis Esai Beasiswa Untuk Mahasiswa

Leave A Reply

Your email address will not be published.