Berita Nasional Terpercaya

Pendaftaran ‘Jogja Gelut Day’ Mulai Dibuka, Upaya Erix Soekamti Tangkal Klitih

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID Pendaftaran ajang Jogja Gelut Day sudah dibuka, Rabu (13/4/2022). Olahraga yang diinisiasi musisi Erix Soekamti dan para pegiat sosial ini adalah bentuk reaksi dari fenomena klitih dan kejahatan jalanan lainnya yang masih saja terus bermunculan di Yogyakarta.

“Mereka yang berminat bisa langsung mendaftar di www.jogjagelut.com,” tulis Erix di unggahan instagramnya.

Baca juga: Aksi Klitih Marak Lagi, Ini Yang Dilakukan Polresta Jogja

Di unggahan tersebut Erix juga menyertakan logo Jogja Gelut Day yang menampakkan dua karakter mirip tokoh dunia pewayangan sedang adu jotos.

Selain itu, ada pesan moral yang menyertai unggahan tersebut berbunyi “Nek wani ojo wedi wedi, nek wedi ojo wani wani”, kurang lebih berarti jangan basa basi, kalau berani maju, kalau takut mundur.

Baca juga: Kasus Klitih di Yogyakarta Alami Kenaikan di Tahun 2021

Erix bersama ekosistem pergerakan sosialnya membuat ajang bernama Jogja Gelut Day, yang mengadopsi olahraga yang diselenggarakan oleh Mixed Martial Arts (MMA), di mana para peserta bakal beradu fisik dengan beragam teknik seni bela diri.

“Kita nanti memang melibatkan teman teman MMA dan akan dikelola secara profesional. Siapa saja boleh mendaftar dan akan mengikuti tahap seleksi sehingga bisa bertarung di Jogja Gelut Day,” terang Erix.

Erix menuturkan, Jogja Gelut Day adalah caranya bersama komunitas pergerakan sosialnya, merespon keresahan masyarakat atas fenomena klitih dan kejahatan di jalanan yang para pelakunya didominasi oleh pelajar.

Melalui ajang Jogja Gelut Day, Erix berharap bakal melahirkan atlet profesional dari kalangan pelajar.

Jogja Gelut Day, kata Erix, memang dirancang sebagai wadah meluapkan energi besar para pelajar khususnya, yang sebelumnya cenderung disalurkan pada hal hal negatif.

“Ini lebih soal mengapresiasi, di Jogja Gelut Day mereka bisa mengaktualisasikan diri secara positif. Semua masyarakat bisa berkontribusi dengan apa yang bisa mereka lakukan untuk meredam kejahatan klitih dan sejenisnya ini, Jogja Gelut Day ini adalah cara kami,” kata Erix.

Erix menambahkan, ajang Jogja Gelut Day bakal dikemas menarik dan menyajikan hiburan bagi masyarakat.

“Nantinya bakal digelar 4 bulan sekali. Kita akan gelar grand finalnya di destinasi wisata, sebagai dukungan pada sport tourism,” kata Erix. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.