Berita Nasional Terpercaya

Koramil Gondokusuman Budidaya Ikan Lele Cendol di Lahan Sempit

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Koramil 03/Gondokusuman Kodim 0734 Yogyakarta membudidayakan ikan lele cendol dengan memberdayakan lahan sempit di Makoramil. Budidaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Danramil 03/Gondokusuman Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Mayor Inf Diya mengatakan, selain pemanfaatan lahan sempit agar produktif, juga sebagai wahana pembelajaran. “Budidaya ikan lele cendol sebagai pembelajaran kepada anggota yang akan purna tugas. Harapannya, nanti tetap aktif dan eksis punya aktivitas di lingkungan tempat tinggalnya untuk budidaya ikan lele cendol,” tuturnya, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga Bung Hatta Menjadi Salah Satu Nama Ruangan Di Korem Pamungkas Yogyakarta

Lanjut tambahnya, budidaya ikan lele cendol tidak perlu lahan yang luas karena memakai sistem kolam terpal. “Kita memakai sistem tong atau kolam terpal dengan ukuran diameter 2 meter dan tinggi 1 meter untuk bisa menampung bibitan ikan lele cendol sebanyak 2.000 ekor,” ujarnya.

“Dalam jangka waktu 3 bulan, hasilnya dapat dipanen dengan berat total 200 kilogram,” imbuhnya.

Mayor Inf Diya menyebut Makoramil 03/Gondokusuman saat ini telah memiliki 7 tong/kolam terpal yang setiap 3 bulan, dapat dipanen. Ia juga menyebut pemasaran ikan lele cendol sangat mudah sekali. Konsumennya, rumah makan dan pasar tradisional di wilayah binaan, sehingga dapat membantu meringankan ekonomi rumah tangga.

Baca Juga Trah Diponegoro Sambangi Korem 072 Pamungkas Yogyakarta

Danramil selama ini juga telah memerintahkan para babinsa untuk mengajak masyarakat di wilayah binaannya dengan budidaya ikan lele Cendol sehingga bisa membantu ekonomi di masa Pandemi Covid-19.

“Koordinator budidaya ikan lele cendol, Serma Dodik Purnama Babinsa Kelurahan Baciro Koramil 03 Gondokusuman atas permintaan dari Satuan Yonif Mekanik 403/WP juga telah memberikan pembelajaran kepada perwakilan masing-masing Kompi sebanyak 2 orang tentang cara budidaya Lele Cendol,” imbuhnya.

Mayor Diya pun berharap nantinya anggota perwakilan Yonif Mekanik 403 bisa mengembangkan budidaya ikan lele cendol di kompi masing-masing secara efisien dan efektif, sehingga bermanfaat untuk anggota dan keluarganya. (jat)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Koramil Gondokusuman Budidaya Ikan Lele Cendol di Lahan Sempit […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.