Berita Nasional Terpercaya

Menko PMK Imbau Pemudik Taat Prokes agar Tidak Membawa Oleh-oleh Covid-19

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Menko PMK (Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) Muhadjir Effendy mengimbau pemudik untuk taat protokol kesehatan (prokes) jelang Hari Raya Lebaran 2022. Hal itu bertujuan agar saat di kampung halaman, tidak membawa virus Covid-19.

Baca Juga Kemenkes Akan Rombak Aplikasi PeduliLindungi Jika Pandemi Covid-19 Berakhir

Muhadjir mengatakan, meski Pemerintah mengizinkan mudik Lebaran 2022, masyarakat tetap harus patuh terhadap protokol kesehatan agar tidak membawa virus ke kampung halaman dan tidak terjadi lonjakan kasus nantinya. “Agar ketika berangkat ke daerah tujuan kondisi betul-betul sehat dari Covid-19 dan tidak datang membawa ‘oleh-oleh Covid-19,” ujar Muhadjir Effendy, Sabtu (16/4/2022).

“Dengan taat prokes, mudik tahun ini akan sesuai dengan maksud yaitu mendapat kegembiraan bertemu sanak saudara dan kembali dengan selamat,” katanya.

Baca Juga Kemenkes Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Tak Batalkan Puasa

Lanjut tambahnya, Pemerintah telah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan mudik Lebaran 2022 agar berjalan aman, lancar dan sehat, termasuk ketersedian bahan bakar minyak (BBM), gas elpiji, dan kebutuhan pokok.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah memperbolehkan masyarakat kembali mudik karena kasus melandai. Dia tak ingin mudik justru memicu penyebaran Covid-19 kembali terjadi.

Di sisi lain, ia juga meminta masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan selama mudik. “Jangan sampai mudik justru memicu munculnya gelombang baru Covid-19, apalagi arus mudik tahun ini akan sangat besar,” kata Jokowi. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.