Berita Nasional Terpercaya

Kian Dekati Lebaran, Begini Situasi Laju Pemudik ke DIY

5

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Peningkatan laju pemudik menggunakan kereta api di wilayah Daerah Operasi (Daop) 6 diperkirakan mulai terjadi pekan depan.

Manager Humas PT KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan, masa angkut lebaran berlangsung Jumat (22/4/2022) – Jumat (13/5/2022). Untuk pekan ini belum terlihat peningkatan yang signifikan, dan diperkirakan baru terjadi pada Selasa (26/4/2022) pekan depan.

“Mulai meningkat pada 26, 27 April, untuk kedatangan di wilayah Daop 6. Penumpang turun di Daop 6 sementara 141.136 orang,” kata Supriyanto, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Mudik Dilarang, KA Jarak Jauh Cuma Untuk Perjalanan Mendesak

Ia menambahkan, untuk penumpang naik dari Daop 6 bakal mulai meningkat pada Jumat (6/5/2022) – Kamis (12/5/2022), dan tertinggi pada Sabtu (7/5/2022) dan Minggu (8/5/2022).

“Tercapai 47% dari program volume penumpang selama masa angkutan lebaran di Daop 6, yaitu sebanyak 282.926 penumpang,” ucapnya.

Baca juga: Pelaku Bisnis Sektor Perjalanan DIY Tidak Berharap Banyak Terkait Boleh Mudik

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Pemasaran dan Komunikasi Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) DIY,  Fachri Herkusuma mengatakan, untuk saat ini belum ada peningkatan reservasi di DIY.

“Kalau dilihat dari peningkatan pemesanan tiket pesawat sudah mulai meningkat beberapa hari kemarin. Biasanya last minute mereka baru booking paket tour dan hotel. Mungkin mereka juga wait and see jika ada aturan baru dari perintah yang keluar. H-4 mulai nampak biasanya,” ucap Fachri.

Fachri cukup optimis dengan kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah, akan menggairahkan dunia pariwisata. Ia mengatakan karena diperkirakan arus mudik akan padat, Asita DIY berharap supaya ada update info lalu lintas agar bisa live streaming sehingga bisa dimanfaatkan pemudik dan Biro Perjalanan Wisata (BPW) mempertimbangkan rute dan moda transportasi yang mau dipakai.

“Termasuk jika ada kebijakan buka tutup atau pengalihan kepadatan lalin, bisa diinfo secara masif ke Asita dan masyarakat umum, baik lokasinya dimana serta durasinya untuk berapa lama.  Ketersediaan BBM jenis Solar juga tersedia di SPBU terutama di rest area. Jika memungkinkan penempatan nakes dan faskes [bisa libatkan swasta] untuk antisipasi gangguan kesehatan saat mudik di rest area,” harapnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.