Berita Nasional Terpercaya

IMF: Perang Rusia- Ukraina Bikin Dunia Terancam Resesi

IMF memangkas ekspektasi untuk pertumbuhan ekonomi global selama dua tahun ke depan.

5

Bernas.id — Dana Moneter Internasional (IMF) telah memangkas ekspektasi untuk pertumbuhan ekonomi global selama dua tahun ke depan karena invasi Rusia ke Ukraina. Dampak ekonomi dari perang diperkirakan akan menyebar jauh dan luas.

IMF sekarang memperkirakan ekonomi dunia tumbuh sebesar 3,6% pada 2022 dan 2023, penurunan tajam dari pertumbuhan 6,1% pada 2021. Prakiraan baru mencerminkan penurunan peringkat masing-masing 0,8 dan 0,2 poin persentase, dari perkiraan Januari.

“Prospek ekonomi global telah sangat mundur, sebagian besar karena invasi Rusia ke Ukraina,” kata IMF dalam rilis laporan World Economic Outlook terbaru IMF, Selasa (19/4/22).

Invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada 24 Februari yang diduga dilakukan Rusia untuk mendapatkan kendali atas seluruh tetangganya. Akibatnya, IMF memprediksi dampak perang ini akan menyebar lebih luas, menambah tekanan harga dan memperburuk tantangan kebijakan yang signifikan.

Bank Dunia (WB) juga memangkas ekspektasi pertumbuhan globalnya pada hari Senin (18/4/12), memperkirakan tingkat pertumbuhan untuk tahun 2022 sebesar 3,2%, turun dari 4,1%.

Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Uni Eropa telah memberlakukan beberapa putaran sanksi yang menargetkan bank, oligarki, dan energi Rusia.

Pandangan IMF mengasumsikan bahwa perang tetap terbatas di Ukraina, bahwa sanksi lebih lanjut terhadap Rusia tidak menargetkan sektor energinya yang besar dan efek pandemi terus memudar.

Tidak mengherankan, konflik akan menghantam Ukraina dan Rusia yang paling parah. IMF memperkirakan ekonomi Ukraina menyusut 35% tahun ini, sementara upaya Barat untuk menghukum Rusia siap menyebabkan ekonominya berkontraksi sebesar 8,5%.

Tetapi karena perang telah menyebabkan lonjakan harga energi dan komoditas lainnya, ini memperburuk masalah rantai pasokan dan memenuhi ekspektasi inflasi yang lebih persisten, dampaknya akan terasa hampir di mana-mana.

“Perang akan sangat menghambat pemulihan global, memperlambat pertumbuhan dan meningkatkan inflasi lebih jauh,” kata IMF, dilansir di CNN.

Lembaga ini menekankan bahwa ekonomi dunia belum sepenuhnya pulih dari pandemi virus corona ketika Rusia menginvasi Ukraina pada akhir Februari.

Di Eropa, yang sangat bergantung pada Rusia untuk memenuhi kebutuhan energinya, pertumbuhan sekarang diperkirakan melambat menjadi 2,8% pada 2022, turun 1,1 poin persentase dibandingkan Januari.

Amerika Serikat relatif terisolasi dari dampak perang.Namun kelemahan di antara mitra dagangnya, serta rencana bank sentral AS Federal Reserve untuk segera menarik kembali dukungan era pandemi untuk ekonomi dan menaikkan suku bunga, akan membebani prospek pertumbuhan. IMF memproyeksikan pertumbuhan AS sebesar 3,7% pada 2022 dan 2,3% pada 2023, turun 0,3 poin persentase sejak perkiraan terakhirnya.

Tidak hanya Rusia -Ukriana, prospek negatif juga membayangi China, yang sekarang diperkirakan IMF akan mencatat pertumbuhan 4,4% pada 2022, jauh di bawah target resmi Beijing sekitar 5,5%. Ekonomi terbesar kedua di dunia itu terhambat oleh lockdown yang bertujuan untuk menghentikan penyebaran Covid-19, dampak dari perang di Ukraina dan masalah di sektor propertinya.

Sementara laporan tersebut mengamati bahwa prospek ekonomi global telah memburuk secara signifikan sejak awal tahun, laporan tersebut tidak memprediksi resesi, yang biasanya disebut IMF ketika pertumbuhan turun menjadi 2,5% atau lebih rendah.

Tetapi IMF juga mencatat ketidakpastian jauh di luar kisaran normal seputar proyeksinya karena sifat guncangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dan risiko perlambatan yang lebih besar, dikombinasikan dengan inflasi yang terus-menerus tinggi.

Prospek ekonomi IMF terbaru juga menunjukkan kekhawatiran tentang 5 juta pengungsi Ukraina yang telah mencari dukungan di negara-negara tetangga, seperti Polandia, Rumania dan Moldova, dan tekanan ekonomi berikutnya untuk negara-negara ini dari mendukung mereka.

5 Comments
  1. […] Baca Juga IMF: Perang Rusia- Ukraina Bikin Dunia Terancam Resesi […]

  2. […] Baca Juga IMF: Perang Rusia- Ukraina Bikin Dunia Terancam Resesi […]

  3. […] Baca Juga IMF: Perang Rusia- Ukraina Bikin Dunia Terancam Resesi […]

  4. […] Baca Juga IMF: Perang Rusia- Ukraina Bikin Dunia Terancam Resesi […]

  5. […] Baca Juga IMF: Perang Rusia- Ukraina Bikin Dunia Terancam Resesi […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.